ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 06:00 WIB

Round Up

Cacar Monyet di Indonesia: Hasil Tes 9 Suspek hingga Pendekatan Kelompok Gay

Indi Mutiara Saniyah - detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan sempat ada 9 suspek cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. Pendekatan pada kelompok homoseksual yang dinilai lebih berisiko, juga dilakukan secara aktif.

"Sudah ada suspeknya sekitar 9 tersebar di Indonesia. Tapi kita sudah tes di Jakarta semuanya hasilnya negatif," beber Menkes saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menetapkan cacar monyet sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia. Artinya, memang diperlukan langkah pencegahan lintas negara.

Meski demikian, Menkes menyebut antisipasi cacar monyet bakal berbeda dari COVID-19. Pencegahan cacar monyet di pintu masuk diyakini akan lebih mudah karena sifat penyakitnya.

"Sebenarnya monkeypox in bedanya dengan COVID adalah mereka menular kalau sudah ada gejala. Kalau COVID kan kita nggak ada gejala sudah bisa menular, monkeypox ini mesti ada gejalanya dulu (seperti) lesi-lesi, ruam-ruam, itu baru dia menular," papar Menkes.

"Sehingga surveilansnya lebih mudah. Kita nggak usah sepanik dulu ditutup karena kalau COVID memang kita nggak tahu dia (pelaku perjalanan dari luar negeri) tertular atau nggak," lanjutnya.

NEXT: Surveilance kelompok gay yang berisiko.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT