ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 14:33 WIB

RI Masuk Klasifikasi 1 WHO Cacar Monyet, Ini Artinya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Juru bicara Kementerian Kesehatan RI dan Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril Jubir Kemkes Mohammad Syahril. (Foto: Nafilah Sri Sagita K)
Jakarta -

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril menyebut Indonesia dikategorikan sebagai klasifikasi satu oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Artinya, negara yang belum pernah mencatat kasus cacar monyet selama 21 hari terakhir.

"Indonesia saat ini berada dalam klasifikasi 1. Negara yang belum melaporkan kasus monkeypox atau negara yang pernah melaporkan kasus namun tidak melaporkan lagi selama 21 hari terakhir," kata Syahril dalam konferensi pers Kemenkes RI, Rabu (27/7/2022).

Dalam klasifikasi 1, pemerintah Indonesia disarankan untuk memperkuat surveilans atau deteksi dini. Hal ini diupayakan melalui pelatihan pada tenaga kesehatan, puskesmas, klinik kesehatan seksual, kulit atau kelamin, HIV, penyakit infeksi, obgyn dan lain.

"Jadi harus melakukan kewaspadaan, kemudian juga harus melakukan respons-respons terhadap monkeypox ini agar dapat dilakukan deteksi, surveilans, juga tatalaksana selanjutnya," beber dia.

"Dan juga harus melapor kepada WHO manakala ada kasus yang diduga atau sudah konfirmasi," lanjut Syahril.

Syahril juga memastikan hingga kini tidak ada konfirmasi kasus cacar monyet di Indonesia. Ada 10 kasus yang sempat masuk suspek, belakangan dinyatakan negatif cacar monyet. Tersebar di DKI Jakarta hingga Jawa Barat.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT