ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 14:51 WIB

Kemenkes Tegaskan RI Nihil Cacar Monyet, 2 Terlapor Kontak Erat Diselidiki

Vidya Pinandhita - detikHealth
Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sempat terdapat 9 suspek pasien cacar monyet di Indonesia. Namun menurut hasil tes, seluruhnya dinyatakan negatif cacar monyet. Lantas, apa kabar kontak erat dari suspek cacar monyet tersebut?

Hal itu dipaparkan oleh juru bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Update Penanganan Monkeypox di Indonesia', Rabu (27/7/2022). Dalam paparannya dituliskan, sebanyak dua orang terlapor sebagai kontak erat kini masih dalam penyelidikan.

"Klasifikasi 1 adalah negara yang belum melaporkan kasus, atau pernah melaporkan kasus namun tidak melaporkan lagi selama 21 hari. Indonesia saat ini masuk klasifikasi 1 karena belum pernah melaporkan kasus monkeypox ke WHO," beber Syahril.

"Alhamdulillah sampai dengan hari ini sejak diumumkannya kasus pertama di Inggris lalu kita belum ada kasus konfirmasi probabel maupun suspek. Cuma kemarin itu ada 9 kasus tapi ternyata mereka dikeluarkan dari ini setelah WFS atau sequencing. Hasilnya negatif, tidak ditemukan cacar monyet," imbuhnya.



Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT