ADVERTISEMENT

Rabu, 27 Jul 2022 15:36 WIB

RI Masih Nihil Cacar Monyet, Kemenkes Wanti-wanti Gejala Khas Ini

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Sudah ada cacar monyet atau monkeypox di Indonesia? Ilustrasi cacar monyet. Foto: infografis detikHealth
Jakarta -

Juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril menyatakan sembilan suspek pasien cacar monyet di Indonesia seluruhnya dinyatakan negatif, dan karenanya sudah masuk kategori 'discarded'.

"Cuma kemarin itu ada 9 kasus yang kita suspek. Tapi, ternyata mereka dikeluarkan dari ini (daftar suspek), dan setelah di-WGS (whole genome sequencing), hasilnya negatif tidak ditemukan cacar monyet," ucap Syahril dalam konferensi pers Kemenkes RI, Rabu (27/7/2022).

Syahril menyatakan virus cacar monyet memiliki dua periode masa inkubasi. Inkubasi pertama yaitu masa invasi (0-5 hari) yang memiliki gejala khas demam tinggi diikuti dengan sefalgia berat (nyeri kepala), limfadenopati, myalgia (nyeri otot), dan astenia (kekurangan energi).

"Nah ini gejala khasnya, kalau ditanya apa sih gejala khasnya? Ini, pertama demam tinggi biasanya di atas 38 derajat, sakit kepala yang berat, kemudian ada limfadenopati yaitu benjolan di leher, ketiak, ataupun di selangkangan," sambungnya.

Kemudian masa erupsi yang terjadi 1 sampai 3 hari setelah masa invasi. Gejala khas pada masa erupsi menurut Syahril yaitu mulai muncul lesi atau ruam-ruam di tubuh.

"Mulai timbul lesi atau ruam-ruam atau cacar yang ada airnya itu, ada di wajah. Paling banyak 95 persen di wajah, 75 persen di kaki, mukosa, kemudian di alat kelamin 30 persen," beber Syahril.

"Bagi masyarakat jika mengalami gejala demam dan ruam, luka-luka di sekitar mulut atau tangan, cacar lah kita taunya, harap memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat bila mengalami gejala serupa itu," pungkasnya.

Selain itu menurut Syahril upaya yang bisa dilakukan adalah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjalani perilaku hidup bersih dan sehat.



Simak Video "Kenali Gejala Awal Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT