ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 09:12 WIB

Konsultasi Kesehatan

Air Liur Selalu Mengental Setelah Makan, Tanda Sakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi air liur Air liur selalu mengental setelah makan, tanda sakit apa ya Dok? (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau bertanya...

Begini Dok, saya mau tanya kenapa ya setiap selesai makan dan meludah, air liur saya seperti mengental. Terlihat seperti riak gitu, saya sakit apa ya Dok?

AA (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Ada beberapa faktor penyebab air liur seperti mengental, yaitu:

  1. Kurangnya asupan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Air liur yang mengental sebagai respons dari kurangnya cairan di dalam tubuhnya.
  2. Ini juga bisa menjadi efek samping dari obat, misalnya seperti obat kemoterapi, obat depresi, antihistamin, dan obat tekanan darah.
  3. Paparan sinar radiasi pada leher dan kepala memungkinkan terjadinya perubahan konsentrasi pada air liur.
  4. Penyakit autoimun seperti Sjorgen Syndrome juga bisa menyebabkan mulut kering, sulit mengunyah dan menelan, batuk kering, serta suara serak.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk langsung berkonsultasi ke dokter. Sebab, ada pemeriksaan tertentu yang harus dilakukan untuk melihat lebih jauh kondisi ini.

Solusi sementara yang bisa dilakukan untuk kondisi seperti ini adalah dengan memperbanyak minum air putih, sehari minimal 2 liter. Hindari juga mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau mengandung soda.

drg Ferry Latanna SpPM, FISID

PRIMAYA HOSPITAL BEKASI BARAT

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Detail Rencana Bio Farma Produksi Tes PCR Kumur-kumur 'Bio Saliva'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT