ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Agu 2022 15:30 WIB

Heboh Pasien Diduga Kena Monkeypox Kelayapan di Kereta, Ini Fakta Sebenarnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Viral Dokter Temukan Pasien Cacar Monyet Naik Kereta, Tak Terima Ditegur Foto: Twitter/ @arturohenriques
Jakarta -

Baru-baru ini seorang dokter bedah mendadak viral usai mengaku menemukan pasien cacar monyet yang berkeliaran di kereta. Dokter bedah bernama Arturo M Henriques itu mengatakan, pasien yang ditemuinya memiliki ruam di seluruh tubuhnya.

Melalui akun Twitternya, Henriques juga mengunggah foto kaki dengan banyak ruam milik pria yang diduga sebagai pasien monkeypox. Foto itu pun viral dan mendapatkan banyak respons dari pengikutnya.

Lantaran hal itu, pria yang disebut pasien monkeypox tersebut angkat bicara usai dirinya viral. Ia menegaskan bahwa dirinya tidak terinfeksi virus cacar monyet, melainkan mengidap neurofibromatosis.

Pria tanpa disebutkan identitasnya juga mengaku tidak melakukan percakapan seperti apa yang diungkapkan oleh Henriques.

"Saya tidak menderita cacar monyet dan saya tidak berbicara dengannya (Dr Henriques) saat itu," jelas pria tersebut pada media lokal yang dikutip dari The Sun, Sabtu (6/8/2022).

Dikutip dari Mayo Clinic, neurofibromatosis merupakan kelainan genetik yang membentuk tumor pada jaringan saraf, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Salah satu gejalanya adalah munculnya bintik-bintik datar berwarna coklat muda pada kulit.

Bintik-bintik ini memang mirip dengan ruam yang disebabkan virus monkeypox. Namun, ini umum terjadi pada banyak orang, tidak berbahaya, dan tidak menular.

NEXT: Henriques mem-private akun Twitternya

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT