ADVERTISEMENT

Kamis, 11 Agu 2022 09:00 WIB

5 Gaya Hidup yang Bisa Bikin Lebih Sehat dan Panjang Umur

Dea Duta Aulia - detikHealth
Ilustrasi olahraga bareng keluarga Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memiliki tubuh sehat dan panjang umur merupakan impian setiap orang lintas generasi. Sayangnya, untuk meraih dua hal tersebut tidaklah mudah.

Gaya hidup dan pola makan tidak beraturan turut memberikan pengaruh pada kesehatan yang secara tidak langsung bisa memperpendek umur. Oleh karena itu, menerapkan sejumlah gaya hidup sehat yang ideal merupakan salah satu kunci agar bisa hidup lebih lama lagi.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 gaya hidup yang bisa bikin tubuh lebih sehat dan panjang umur.

Kendalikan Stres

Mengendalikan stres merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya sejumlah penelitian menyebutkan banyak penyakit serius muncul akibat beban pikiran yang berlebih. Khusus wanita yang menderita kecemasan berlebih atau stres berkemungkinan lebih besar untuk meninggal karena penyakit yang cukup serius seperti jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

Berdasarkan fakta tersebut tentu setiap orang harus bisa mengendalikan stres mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar stres terkendali seperti tertawa, membangun optimisme, hingga bercerita kepada orang terdekat untuk mendapatkan solusi.

Makan Lebih Banyak Sayuran

Mengonsumsi berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan terbukti dapat mengurangi risiko munculnya penyakit serius dan memperpanjang umur.

Sejumlah penelitian menyebutkan mengonsumsi makanan sehat seperti yang disebutkan di atas terbukti mampu menurunkan risiko kanker, jantung, depresi, kerusakan otak, dan mencegah kematian dini.

Bahkan ada pula penelitian yang menyebutkanpenerapanpola hidup vegetarian secara alami lebih tinggi dalam makanan nabati, maka risiko kematian dini lebih rendah hanya 12-15% saja.

Tidak Merokok

Bagi kamu yang saat ini tidak merokok, maka pertahankan lah kebiasaan tersebut. Sebab kebiasaan merokok begitu erat dengan penyakit dan kematian dini.

Sejumlah riset menyebutkan orang yang memiliki kebiasaan merokok berisiko kehilangan hingga 10 tahun kehidupan dan 3 kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya kalau dibandingkan dengan yang tidak pernah merokok.

Lantas bagaimana yang merokok tapi ingin berhenti?

Menghentikan kebiasaan merokok juga bisa berdampak pada kesehatan. Riset menyebutkan seseorang yang berhenti merokok pada usia 35 tahun bisa memperpanjang hidup mereka hingga 8,5 tahun. Serta untuk yang berhenti di usia 60 tahun maka bisa menambah umur hingga 3,7 tahun.

Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan dengan cara menghindari pola makan berlebih juga bisa memberikan membantu kamu untuk mendapatkan umur yang lebih panjang. Untuk mengetahui berat badan ideal, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghitung dengan rumus di bawah ini.

· Pria: (Tinggi badan (sentimeter) - 100] - ((tinggi badan (sentimeter) - 100) x 10 persen) = berat badan ideal (kg).

· Wanita: (Tinggi badan (sentimeter) - 100] - ((tinggi badan (sentimeter) - 100) x 15 persen) = berat badan ideal (kg).

· Contoh: (169 cm - 100) - ((169 cm-100)x10%) = 69 - 6.9 = 62 kg.

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh sehat dan panjang umur. Dengan berolahraga maka tubuh agar terus melakukan aktifitas fisik yang bisa menyehatkan tubuh.

Idealnya, durasi berolahraga yakni 30-60 menit setiap latihan. Frekuensinya dapat dilakukan 3-5 kali per minggu. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya dengan berlari.

Berkaitan dengan olahraga tersebut, kamu bisa ikuti Mandiri Jogja Marathon yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan Pandara Sports. Ajang yang berlangsung pada Minggu 14 Agustus 2022 ini menghadirkan sejumlah rute lomba mulai dari 5K, 10K, Half Marathon (21KM), dan Marathon (42.195 KM). Untuk mengetahui informasi detail mengenai acara tersebut langsung kunjungi website di sini.



Simak Video "Goes Bareng Mika Tambayong di Indonesia Heart Bike 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT