ADVERTISEMENT

Minggu, 14 Agu 2022 15:30 WIB

Dokter Jantung Jelaskan 'Vonis' Sisa Hidup Roy Kiyoshi Disebut 2 Tahun Lagi

Alethea Pricila - detikHealth
Roy Kiyoshi Roy Kiyoshi. Foto: Hanif Hawari/detikcom
Jakarta -

Roy Kiyoshi divonis hanya dapat bertahan hidup sampai dua tahun karena penyakit jantung yang diidapnya. Penurunan kondisi ini sudah dirasakannya sejak Februari lalu dan ia diharuskan mengkonsumsi obat seumur hidup. Tak hanya obat dari dokter, ia juga mencoba pengobatan herbal.

"Statement dokter yang bilang aku cuma bertahan 2 tahun divonis seperti itu. Kan nggak hanya satu dokter aja, tapi ada dokter lain. Jangan putus adalah untuk berobat kemauan aku untuk sembuh," ucap Roy Kioshi saat ditemui di kawasan Transmedia, dikutip dari detikHot.

Penyebab Pembengkakan Jantung

dr Vito Damay, SpJ(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam Karawaci menjelaskan bengkak jantung dan lemah jantung disebut kardiomiopati. Kardio memiliki arti jantung, Mio yang artinya otot, dan Pati yang berarti penyakit kelainan.

"Jadi (kardiomiopati) penyakit atau kelainan pada otot jantung yang membuat jantung tidak berfungsi normal," katanya, saat dihubungi oleh detikcom, Sabtu (13/8/2022).

Ada beberapa penyebab terjadi pembengkakan pada jantung, seperti:

  • Sumbatan pembuluh darah jantung
  • Serangan jantung
  • Darah tinggi lama
  • Diabetes
  • Infeksi penyakit katup
  • Dapat terjadi tanpa diketahui sebabnya.

Seberapa Bahaya Jika Obat Tidak Diminum?

Tingkat bahaya obat jika tidak diminum atau terlewat tergantung kepada jenis obatnya. Ada beberapa obat yang tidak memiliki efek jika tidak terminum selama tiga hari, salah satunya obat pengencer darah.

"Ada obat pengencer darah, bila tidak terminum sehari umumnya masih tidak apa apa walaupun tentu bila lebih dari tiga hari terskip maka risiko terjadi stroke atau penyumbatan jantung lebih tinggi," sambung dr Vito.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT