ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 17:03 WIB

Duh, CDC Laporkan Kasus Anjing Peliharaan Terinfeksi Cacar Monyet!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Apa Itu Cacar Monyet, Kini Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global Foto: Getty Images/iStockphoto/kontekbrothers
Jakarta -

Muncul laporan dugaan penularan virus cacar monyet dari manusia ke anjing peliharaan di Paris. Mengingat sebelumnya, beredar informasi bahwa cacar monyet yang kini mewabah terkonsentrasi pada kelompok pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) kini tengah mengkaji hewan apa saja yang bisa tertular cacar monyet. Sejauh ini, CDC mencantumkan 10 hewan, salah satunya anjing.

Dugaan penyebaran virus cacar monyet dari manusia ke anjing diterbitkan di The Lancet. Temuan tersebut menegaskan diperlukannya panduan lebih lanjut perihal cara perawatan hewan peliharaan milik orang yang tengah terinfeksi cacar monyet.

Diketahui, virus cacar monyet umumnya menular dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan ruam menular, serta koreng atau cairan tubuh. Penularan juga dapat terjadi melalui sekresi pernapasan selama kontak tatap muka yang berkepanjangan, atau kontak fisik yang intim seperti berciuman, berpelukan atau berhubungan seks.

Kasus Anjing Tertular Cacar Monyet

Dikutip dari The Washington Post, The Lancet melaporkan dugaan kasus penularan cacar monyet ke anjing tersebut ditemukan pada anjing greyhound Italia berusia empat tahun, 12 hari setelah pemiliknya mengalami gejala cacar monyet.

Anjing tersebut mengalami lesi pada kulit dan selaput lendirnya, pustula di perutnya dan ulserasi dubur yang tipis.

Para peneliti menyebut, anjing tersebut dipelihara oleh dua pria yang berada dalam hubungan 'kumpul kebo' yang tidak eksklusif. Salah satu pria berusia 44 tahun, dan pasangannya adalah pria berusia 27 tahun.

Pasangan tersebut mengaku, mereka membiarkan anjing peliharaannya tidur di tempat tidur bersama mereka. Namun sejak pasangan ini mengalami gejala cacar monyet, mereka sengaja mencegah anjing peliharaannya berhubungan dengan manusia lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bagaimana Penularan Cacar Monyet?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT