ADVERTISEMENT

Rabu, 17 Agu 2022 16:01 WIB

Negara Tetangga RI Bersiap Anggap COVID Seperti Flu Biasa, Corona End?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Otoritas pemerintah Thailand kembali melakukan lockdown karena melonjaknya kasus penyebaran COVID-19 varian Alpha dan Delta. Yuk kita lihat suasananya. Foto: Getty Images
Jakarta -

Sejumlah negara, salah satunya Thailand bakal menganggap COVID-19 seperti penyakit flu biasa. Kebijakan tersebut bakal berlaku pada 1 Oktober 2022.

Dikutip dari Bangkok Post, Rabu (17/8/2022), Thailand akan menurunkan peringkat COVID-19 dari penyakit menular berbahaya menjadi penyakit yang memerlukan pemantauan. Pemerintah Thailand juga tetap memantau mutasi dari virus tersebut meskipun jumlah infeksi menurun secara signifikan.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul, menilai langkah untuk menghapus COVID-19 dari kategori yang sama dengan wabah dan cacar, ke tingkat yang sama dengan influenza dan demam berdarah adalah untuk mencerminkan realitas situasi di negara tersebut.

Menurut Anutin, cara ini bisa mencerminkan kesiapan sistem kesehatan di Thailand, serta ketersediaan perawatan dan perilaku perlindungan diri yang tepat dari orang-orang di seluruh negeri.

Pemerintah juga akan menyesuaikan rencana manajemen pasca-pandemi negara untuk memungkinkan rumah sakit swasta membeli obat antivirus segera mungkin tanpa harus melalui saluran pemerintah terlebih dulu.

Sebelumnya, pihak berwenang mengatakan bahwa Thailand akan mulai melihat penurunan kasus dan kematian COVID-19 yang parah pada pertengahan Agustus. Juga, pemerintah Thailand pada 1 Juli mencabut hampir semua pembatasan perjalanan dan penggunaaan masker di luar ruangan tidak lagi diwajibkan.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT