Oh...Ternyata Ini 5 Minuman Pemicu Asam Lambung Naik

ADVERTISEMENT

Oh...Ternyata Ini 5 Minuman Pemicu Asam Lambung Naik

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Kamis, 25 Agu 2022 22:00 WIB
Penyebab sakit perut setelah minum kopi
Minuman pemicu asam lambung naik (Foto: iStock)
Jakarta -

Terdapat beberapa minuman pemicu asam lambung naik yang sebaiknya dihindari atau jumlahnya dikurangi. Pasalnya, ketika asam lambung seseorang naik, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah atau lower esophageal spitcer menjadi lebih lemah dari biasanya. Pada kondisi umum, otot tersebut seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan atau minuman turun ke lambung.

Pada pasien asam lambung kondisi otot tersebut lemah. Apabila hal ini terjadi, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik ke kerongkongan hingga memicu sendawa.

Minuman Pemicu Asam Lambung Naik

Dikutip dari Bustle, terdapat beberapa minuman pemicu asam lambung naik, di antaranya:

1. Kopi

Menurut ahli gizi Keri Gans, MS, RD, CDN, kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyebabkan asam lambung naik. Tidak hanya itu, mengonsumsi kopi di malam hari juga mungkin akan membuat seseorang terjaga ketika ia mencoba untuk tidur.

2. Minuman Soda

Minuman berkarbonasi menjadi minuman selanjutnya yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Anish Sheth, MD, asisten profesor kedokteran di Universitas Yale juga mengatakan, gelembung dan kandungan asam dari minuman soda dapat menyebabkan asam lambung naik.

"Ini karena keluarnya udara yang terperangkap yang naik ke kerongkongan dan mengakibatkan luka bakar di sana. Itu bisa membuat seseorang bersendawa karena kandungan asamnya," tutur Dr Sheth.

3. Minuman Cokelat

Meskipun cokelat baik dalam bentuk makanan ataupun minuman dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan suasana hati. Ternyata, cokelat juga dapat membuat asam lambung menjadi naik.

Naiknya asam lambung akibat minuman cokelat disebabkan oleh kandungan stimulan theobromine.

"Cokelat itu dapat berkontribusi pada naiknya asam lambung karena kandungan stimulan theobromine," tutur Jamie Koufman, MD.

4. Minuman Jeruk

Minuman yang kerap menjadi pilihan untuk melepas dahaga ini ternyata dapat membuat asam lambung menjadi naik. Tidak hanya jeruk, tetapi bagian dari kelompoknya juga.

"Buah-buahan sitrus, seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali dapat bersifat sangat asam dan dapat membuat asam dalam lambung menjadi naik," tutur Robynne Chutkan, MD, seorang ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Georgetown di Washington DC.

5. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol juga masuk ke dalam daftar minuman yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Hal itu dikarenakan ternyata alkohol dapat mengiritasi lambung.

"Alkohol dapat mengiritasi lambung dan membuat asam lambung naik, sehingga bisa menyebabkan mulas pada beberapa orang," ucap Rachel Wong, Sleep Research Specialist di OSO.

Minuman pemicu asam lambung naik yang telah disebutkan di atas ini masih bisa untuk dikonsumsi sesekali. Namun, ketika seseorang mengalami gejala yang parah akibat mengonsumsi minuman tersebut, lebih baik dihindari.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT