5 Kebiasaan Ini Ternyata Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Loh

ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Ini Ternyata Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi Loh

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 03 Sep 2022 22:00 WIB
7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw
Jakarta -

Tekanan darah tinggi (hipertensi) kerap kali dialami oleh banyak orang. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), hampir 68 juta orang memiliki tekanan darah tinggi.

Kondisi ini umumnya disebut 'the silent killer' atau penyakit yang membunuh secara diam-diam. Jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Selain dengan mengonsumsi obat, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan darah tinggi. dikutip Durham Nephrology, berikut 5 kebiasaan yang bisa dicoba.

1. Kontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan yang sehat dapat menjadi salah satu cara untuk membantu menurunkan tekanan darah. Cobalah mempelajari diet sehat dan olahraga untuk mempertahankan kondisi tubuh.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan ukuran pinggang. Pasalnya, lemak yang terlalu banyak di pinggang bisa meningkatkan risiko darah tinggi.

2. Hindari Makanan Asin

Cobalah untuk menghindari makanan yang asin, termasuk mengurangi garam saat memasak atau memperhatikan kandungan garam, serta natrium dalam makanan kemasan. Pedoman asupan natrium harian berkisar dari 2.300 hingga 1.500 mg untuk orang dewasa. Garam yang dikonsumsi dapat membuat tubuh menahan cairan.

3. Konsumsi Lebih Banyak Kalium

Cara lain yang dapat membantu menurunkan makanan adalah memakan lebih banyak kalium. Pilihlah makanan sehat seperti pisang, susu rendah lemak, dan air kelapa. Perlu diketahui, kalium dapat membantu dalam mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan memperlambat efek garam pada tubuh.

4. Berhenti Merokok

Selain menyebabkan gangguan kesehatan paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Cobalah berhenti merokok untuk dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Jika terlalu sulit untuk berhenti, diskusikanlah cara yang tepat kepada dokter.

5. Tidur Cukup

Tidur yang cukup juga merupakan salah satu kebiasaan yang dapat menurunkan tekanan darah. Orang dewasa direkomendasikan untuk mendapatkan waktu tidur 7 sampai 9 jam untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Tidur yang cukup juga dapat membantu mengatur tekanan darah yang berfluktuasi.



Simak Video "KuTips: 5 Tips Biar Kamu Nggak Hipertensi "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT