ADVERTISEMENT

Minggu, 04 Sep 2022 15:16 WIB

5 Ciri-ciri Usus Kotor yang Kerap Dianggap Sepele

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
ilustrasi usus Ilustrasi usus. Foto: thinkstock
Jakarta -

Beberapa kondisi kesehatan manusia banyak dipengaruhi oleh sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat bukan hanya berpengaruh pada kelancaran pencernaan namun juga berbagai kondisi kesehatan tubuh.

Salah satu upayanya adalah menjaga agar organ usus tetap sehat. Organ yang terdiri dari usus besar, usus halus, dan usus dua belas jari ini bisa menjadi kotor akibat penumpukan sisa makanan dalam tubuh.

Dikutip dari Healthline, peneliti menemukan hubungan kesehatan usus yang berperan banyak pada kesehatan manusia. Berikut ini beberapa tanda usus kotor dan tidak sehat yang perlu diketahui.

1. Sakit perut atau sembelit

Gangguan pencernaan bisa ditandai dengan perut yang sakit atau susah buang air besar. Usus yang normal akan lebih mudah mencerna makanan dan menghilangkan kotoran. Beberapa kondisi perut lain seperti kembung dan diare bisa menjadi tanda usus sedang tidak baik-baik saja.

2. Gangguan tidur

Penelitian menunjukkan bahwa ketidakseimbangan bakteri usus dan usus yang tidak sehat memiliki hubungan dengan kondisi tidur yang memburuk. Kondisi ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan.

Sementara penyebabnya masih belum terlalu jelas, tampaknya terkait dengan peradangan pada sistem pencernaan, fungsi metabolisme, dan kesehatan mental.

3. Cepat lelah

Cepat lelah bisa menjadi salah satu tanda kondisi pencernaan yang tidak sehat. Usus yang kotor membuat proses mencerna sisa makanan terhambat dan mempengaruhi kondisi tubuh bahkan berpotensi menyebabkan infeksi penyakit lain.

4. Kondisi autoimun

Banyak penelitian menemukan hubungan antara usus dan sistem kekebalan tubuh. Usus yang tidak sehat dapat meningkatkan peradangan sistemik dan mengubah fungsi sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan kondisi autoimun, di mana tubuh menyerang dirinya sendiri dari kondisi berbahaya dalam tubuh.

5. Iritasi kulit

Kondisi kulit seperti psoriasis terkait dengan jenis keragaman bakteri yang ada di usus. Usus kotor bisa menyebabkan juga konsentrasi bakteri menguntungkan lebih rendah dan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Pada gilirannya kondisi ini dapat menyebabkan kondisi yang mempengaruhi organ, termasuk kulit.



Simak Video "Uniknya Klinik Gigi dengan Tema Bioskop di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT