Ramai Debat di Twitter, Dokter Bagikan Tips Kompres yang Tepat untuk Demam

ADVERTISEMENT

Round Up

Ramai Debat di Twitter, Dokter Bagikan Tips Kompres yang Tepat untuk Demam

Vidya Pinandhita - detikHealth
Minggu, 11 Sep 2022 20:20 WIB
demam
Tips kompres saat demam yang benar dari dokter. (Foto ilustrasi: Shutterstock/)
Jakarta -

Baru-baru ini ramai di Twitter soal cara penggunaan kompres hangat dan dingin untuk meredakan demam. Ada yang mengatakan bahwa kompres dingin bisa menurunkan demam adalah mitos.

Namun, seorang pengguna Twitter lain merespons cuitan tersebut dan mengatakan bahwa kompres untuk meredakan demam adalah dengan kompres dingin.

Menanggapi ini, spesialis penyakit dalam dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD-KPsi yang kerap disapa 'dr Koko' dari Junior Doktor Network Indonesia meluruskan kompres untuk meredakan demam adalah dengan air hangat.

"Kompres-kompresan itu, kalau orang demam cocoknya dikompres dengan air hangat, karena dia mau bikin pembuluh darah melebar. Istilah kita, vasodilatasi. Pembuluh darah terbuka, maka dia cepat panas dari dalam keluar," kata dr Koko pada detikcom, Sabtu (10/9/2022).

Tips yang Benar untuk Kompres Saat Demam

dr Koko mengatakan saat demam bisa coba dikompres dengan air hangat, bukan air panas. Ini dilakukan untuk meredakan demam selain dengan meminum obat.

"Kompres dengan air hangat, jadi bukan dari air mendidih. Karena yang mendekati sekitar 38-40 derajat itu sudah cukup," jelas dr Koko.

"Jadi, nggak mesti tinggi banget, karena 38 sampai 40 derajat sudah cukup, sudah membantu suhu pasien sudah turun," sambungnya.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT