ADVERTISEMENT

Sabtu, 17 Sep 2022 06:20 WIB

6 Makanan untuk Detoks Ginjal, Makin Optimal Saring Darah Kotor

Nurul Febian Danari - detikHealth
ilustrasi diet detikHealth Diet untuk detoks ginjal (Foto: infografis detikHealth)
Jakarta -

Ginjal adalah organ kecil dalam tubuh yang bekerja keras menyaring darah sambil melepaskan kelebihan cairan, racun, dan limbah sebagai urin. Ginjal adalah organ yang penting dalam tubuh, tetapi pola makan dan asupan yang tidak terjaga membuat ginjal bekerja berlebihan dan mengurangi fungsinya.

Fungsi ginjal yang berkurang akan mengakibatkan toksisitas. Racun-racun tersebut akan menumpuk dan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Tanda-tanda ginjal yang kelebihan beban biasanya muncul sebagai infeksi ginjal dan kandung kemih yang sering, nafsu makan yang buruk, kelelahan, urin berwarna gelap, dan retensi cairan bersama perasaan tidak sehat secara umum.

Detoksifikasi ginjal dibutuhkan agar ginjal dapat kembali bekerja secara normal dan efektif dalam tubuh. Berikut makanan-makanan yang dapat membantu membersihkan ginjal secara alami:

1. Apel

Apel kaya akan serat pektin dan antioksidan serta memiliki senyawa anti inflamasi yang membantu meningkatkan fungsi ginjal.

Pektin adalah jenis serat yang membantu menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh. Apel mempermudah ginjal untuk menangani banyak racun selama proses pembersihan. Mengonsumsi apel secara rutin dapat membantu detoksifikasi dalam tubuh.

2. Wortel

Wortel mengandung glutathione yang merupakan protein yang membantu detoksifikasi ginjal. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat membantu meningkatkan dan merangsang fungsi ginjal.

3. Buah Beri

Buah kelompok beri seperti cranberry, ceri hitam, acai berry, dan blueberry kaya akan antioksidan. Blueberry dan ceri hitam mengandung resveratrol, yang terbukti mengurangi peradangan pada ginjal. Cranberry dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Temuan Terkini soal Kasus Kematian Puluhan Anak Gambia Terkait Paracetamol"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT