Heboh Kasus Es Teh Indonesia, Ini Batas Konsumsi Gula per Hari Menurut Kemenkes

ADVERTISEMENT

Heboh Kasus Es Teh Indonesia, Ini Batas Konsumsi Gula per Hari Menurut Kemenkes

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 26 Sep 2022 17:01 WIB
Plastic glasses of iced grapefruit green tea, oolong tea,  dark cocoa with layer of cream cheese foam ; Traditional Chinese Beverage. Selective focus.
Batas konsumsi gula per hari (Foto: Getty Images/iStockphoto/Theerawan Bangpran)
Jakarta -

Berapa sih batas konsumsi gula per hari? Pertanyaan ini belakangan kerap dicari oleh masyarakat lantaran dikaitkan dengan kasus Es Teh Indonesia yang melayangkan somasi kepada konsumennya. Kasus tersebut diawali saat konsumen itu mengkritik produk Es Teh Indonesia yang dianggap terlalu manis di media sosial.

Meski konsumen tersebut sudah meminta maaf, hal ini terlanjur membuat banyak netizen mempertanyakan kadar gula yang aman untuk dikonsumsi per hari. Lantas, berapa sih batasannya? Simak berikut ini.

Batas Konsumsi Gula Per Hari

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2013, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengungkapkan batas konsumsi gula per hari adalah 10 persen dari total energi 200 kkal. Konsumsi tersebut setara dengan gula empat sendok makan atau 50 gram per orang dalam sehari.

"Minum atau makanan yang manis-manis itu memang enak. Tapi tahu tidak ada batasan konsumsi gula setiap harinya. Di Permenkes No.30 Tahun 2013, anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10 persen dari total energi (200 kkal). Konsumsi itu setara dengan gula 4 sendok makan per orang per hari, atau 50 gram per orang per hari. 1 Kaleng minuman soda saja bisa mengandung sektar 27 gram gula loh. Yuk, jaga konsumsi gula kita untuk hidup lebih sehat," demikian bunyi video yang diunggah oleh pihak Kemenkes, dikutip Senin (26/9/2022).

Apabila seseorang mengonsumsi gula melebihi anjuran tersebut, hal ini bisa mendatangkan sejumlah penyakit serius, seperti obesitas, diabetes melitus, hingga penyakit yang tidak menular lainnya.

"Kalau makan terlalu banyak gula bisa bikin kegemukan, obesitas, diabetes melitus dan penyakit tidak menular lainnya," tulis Kemenkes.

"Diabetes ini bisa mengganggu kinerja jantung dan ginjal. Sebaiknya takaran gula 4 sdm per hari ya," sambungnya lagi.

Lebih lanjut, Kemenkes juga menjelaskan bahwa gula tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan energi dan fungsi otak. Hanya saja konsumsinya harus sesuai anjuran.

"Namun, tak bisa dipungkiri tubuh tetap butuh gula untuk meningkatkan energi dan fungsi otak. Hanya saja konsumsinya harus sesuai anjuran ya," tutur Kemenkes.



Simak Video "Takaran Gula Tambahan yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT