Heboh Wanita Jalani Operasi Selaput Dara, Apa Itu Hymenoplasty?

ADVERTISEMENT

Heboh Wanita Jalani Operasi Selaput Dara, Apa Itu Hymenoplasty?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 10:00 WIB
Wound sewn with needle and pink thread - Concept of violence against women
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/CalypsoArt
Jakarta -

Seorang wanita bikin geger usai pengakuannya ingin melakukan operasi selaput dara agar kembali 'perawan'. Operasi rekonstruksi selaput dara ini dinamakan hymenoplasty.

Dikutip dari laman Cherokee Women's Health, operasi selaput dara adalah perbaikan kosmetik, restorasi, atau konstruksi selaput dara wanita, dan sering diminta karena alasan fisik, psikologis, atau budaya. Restorasi selaput dara juga dikenal sebagai hymenoplasty atau revirginisasi.

Selaput dara terdiri dari jaringan yang sebagian atau seluruhnya menutupi lubang vagina. Membran berbentuk cincin ini bisa tipis dan fleksibel atau tebal dan kaku.

Setiap wanita memiliki bentuk selaput dara yang berbeda-beda. Bentuk itu juga dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Perlu dicatat bahwa selaput dara bisa sobek atau melar karena berbagai sebab, salah satunya hubungan seksual. Namun tidak seperti mitos yang beredar, hubungan seks bukan satu-satunya penyebab kerusakan selaput dara.

Prosedur hymenoplasty

Perbaikan selaput dara biasanya merupakan prosedur rawat jalan sederhana. Setiap kulit yang robek di sekitar tepi selaput dara dipotong dengan lembut dan rapi, setelah itu jaringan yang tersisa dijahit menjadi satu, meninggalkan lubang kecil.

Jika tidak ada cukup kulit untuk mengembalikan selaput dara, atau jika selaput dara tidak ada, ahli bedah dapat membuatnya, menggunakan beberapa kulit vagina tipis tubuh sendiri (mukosa vagina) atau jaringan sintetis.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT