Masa Iya Sering Pakai Bra Kawat Bisa Kena Kanker Payudara? Begini Lho Faktanya

ADVERTISEMENT

Masa Iya Sering Pakai Bra Kawat Bisa Kena Kanker Payudara? Begini Lho Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 11:06 WIB
ilustrasi bra
Bra kawat disebut bisa memicu kanker payudara. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Kanker payudara sampai saat ini masih menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Hal ini pun memicu berbagai rumor yang dikaitkan menjadi penyebab munculnya penyakit tersebut.

Salah satunya adalah soal bra berkawat yang memang cenderung lebih ketat. Bra ini bertujuan untuk membuat payudara terlihat lebih kencang.

Namun, bra kawat ini dirumorkan sebagai salah satu pemicu kanker payudara. Disebutkan bahwa bra berkawat dianggap menghalangi aliran getah bening hingga menyebabkan kanker. Benarkah begitu?

Dokter spesialis bedah onkologi RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dr Walta Gautama, SpB(K), Onk, menegaskan bahwa tidak ada hubungannya bra berkawat dengan risiko kanker payudara.

Tak hanya berkawat, bra hitam juga disebut-sebut bisa memicu kanker. Namun rupanya, mitos ini juga tidak terbukti benar adanya.

"Nggak ada hubungannya, itu sudah ada penelitiannya. Jadi memang dihubung-hubungkan (kanker payudara) dengan bra. Ada yg bilang bra warna hitam lah, tali bra lah. Sudah dilakukan penelitian untuk menentang hoaks itu," jelas dr Walta saat ditemui di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

dr Walta menjelaskan asal-usul rumor tersebut. Ia mengatakan itu muncul setelah ditemukan beberapa daerah di beberapa negara masyarakatnya memiliki kebiasaan tidak memakai bra.

Setelah ditelusuri, ternyata angka kanker payudara di daerah-daerah tersebut rendah. Sejak itulah muncul kaitan antara kanker payudara dengan pemakaian bra.

"Akhirnya dilakukan penelitian untuk membuktikannya. Jadi ada yang tali kecil, bra berkawat, dan lain-lainnya," beber dr Walta.

"Dilakukan itu penelitiannya, ternyata nggak terbukti. Nggak ada hubungannya," pungkasnya.



Simak Video "Benarkah Makanan Tertentu Bisa Picu Kanker Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT