Madame Gie Milik Gisell Positif Zat Terlarang, Ini Bahayanya Jika Dipakai

ADVERTISEMENT

Madame Gie Milik Gisell Positif Zat Terlarang, Ini Bahayanya Jika Dipakai

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 14 Okt 2022 14:36 WIB
Madame Gie masuk kosmetik berbahaya temuan BPOM RI.
Komestik Madame Gie (Foto: Muhammad Rofiq/detikHealth)
Jakarta -

Viral daftar sejumlah kosmetik mengandung bahan berbahaya, mengacu pada laporan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Beberapa di antara produk tersebut yakni produk keluaran brand Madame Gie yakni Madame Gie Sweet Cheek Blushed 03, Madame Gie Nail Shell 14, dan Madame Gie Nail Sheil 10.

"Iya data ini valid sesuai dengan laporan 4 Oktober 2022," ungkap BPOM mengkonfirmasi daftar kosmetik dengan kandungan bahan berbahaya yang kini viral, melalui keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022).

Dalam laporan beredar, ketiganya disebut mengandung pewarna merah K3 dan K10. Seperti apa efek bahaya dari kandungan perwarna tersebut pada produk kosmetik?

Beberapa waktu lalu, Deputi Bidang Pengawas Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Reri Indriani, menjelaskan kosmetik yang mengandung bahan pewarna berbahaya, dalam hal ini pewarna tekstil dan cat tembok, umumnya berwarna mencolok dengan klaim warna polesan tahan lama.

Klaim manfaat tersebut bisa jadi menggiurkan bagi calon pembeli. Namun catatan Reri, kandungan pewarna tersebut pada kosmetik bisa memicu sederet bahaya, salah satunya kanker. Padahal, kosmetik merupakan alat yang dipakai di wajah setiap hari.

"Kosmetik yang menggunakan bahan dilarang, berbahaya. Bayangkan ketika digunakan pada kulit kita, bahkan pewarna yang seharusnya digunakan untuk pewarna kain, tembok, itu bersifat menyebabkan kanker (karsinogenik),"ujarnya saat ditemui detikcom di Kantor BPOM RI, Jakarta Pusat, Selasa (4/10).

"Apalagi kosmetik seperti lipstik yang setiap hari dipakai, bisa dua sampai tiga kali dia menggunakan. Itulah bahan kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya," pungkas Reri.



Simak Video "Penjelasan Gisel soal 3 Kosmetik Madame Gie Ditarik BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)
Awas Kosmetika Berbahaya!
Awas Kosmetika Berbahaya!
14 Konten
BPOM menarik sejumlah produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT