5 Minyak Rambut Alami, Cocok untuk Bayi

ADVERTISEMENT

5 Minyak Rambut Alami, Cocok untuk Bayi

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 04 Nov 2022 06:30 WIB
Everyday life of baby
Minyak rambut untuk bayi (Foto: iStock)
Jakarta -

Hampir orang tua menginginkan mempunyai rambut bayi yang tumbuh dengan sehat dan lebat. Ketika dalam kandungan, tidak ada seorang ibu yang bisa memprediksi berapa banyak rambut bayi yang akan tumbuh atau selebat apa rambut sang anak nantinya. Perlu diketahui, banyak juga bayi yang dilahirkan dengan rambut tipis.

Ada beberapa faktor penyebab bayi dilahirkan dengan rambut tipis. Dikutip dari Healthline, jumlah rambut yang dimiliki bayi dipengaruhi oleh hormon sang ibu saat hamil. Kadar hormon yang tinggi disebut bisa mempercepat pertumbuhan rambut anak dalam rahim.

Maka dari itu, seorang ibu biasanya akan melakukan berbagai cara agar rambut sang anak sehat. Salah catu caranya dengan mengaplikasikan minyak rambut. Berikut bahan produk minyak rambut alami yang aman untuk anak.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan vitamin E yang bisa menutrisi dengan sifat antioksidan. Minyak alami ini juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut karena dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi 2003 menemukan bahwa minyak kelapa bermanfaat pada rambut ketika digunakan sebagai produk pencuci atau perawatan dan membantu merangsang rambut lebih tebal. Oleskan minyak kelapa sekitar 20 menit kemudian bilas kulit kepala dengan air hangat. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

2. Seledri

Kandungan air dan vitamin A yang ada pada seledri membantu rambut menjadi kuat dan sehat. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk rambut serta menjaga kulit kepala agar tidak terdehidrasi.

Dikutip dari Indian Express, seledri juga dapat memberikan nutrisi pada akar dan setiap helai rambut. Bahan ini juga dapat membantu pertumbuhan terambut dan memperbaiki tekstur rambut.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya telah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan lain dari lidah buaya dalam minyak rambut bayi adalah memperkuat rambut karena memiliki kandungan bahan aktif dan mineral.

Lebih lanjut, lidah buaya disebut memiliki asam lemak dan asam amino serta kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang berperan dalam folikel rambut sehat.

4. Madu

Madu disebut mampu meningkatkan pertumbuhan sel. Dikutip dari Healthline, sebuah studi 2013 menunjukkan madu dapat meningkatkan pertumbuhan sel epitel kulit. Perlu diketahui, kulit kepala penuh dengan sel-sel epitel yang dapat membentuk banyak folikel dan saluran yang sangat penting untuk pertumbuhan kulit.

5. Gelatin

Sebuah studi menunjukkan gelatin dapat meningkatkan kekebalan dan pertumbuhan rambut. Hal ini yang membuat gelatin baik digunakan dalam minyak rambut.

Namun, perlu diperhatikan kondisi kulit kepala bayi setelah mengaplikasikan bahan-bahan alami ini. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Kata Ahli Gizi soal Viral Bayi Dikasih Kopi hingga BAB 9 Kali"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT