Penderita Stroke 2 Kali Lebih Rentan Terjatuh, Ini Cara Penanganannya

ADVERTISEMENT

Penderita Stroke 2 Kali Lebih Rentan Terjatuh, Ini Cara Penanganannya

Atta Kharisma - detikHealth
Jumat, 11 Nov 2022 11:13 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Stroke merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Namun selain bahaya yang datang bersama penyakit itu sendiri, penderita stroke juga rentan terhadap risiko lain yang turut mempengaruhi kesehariannya.

Dilansir dari ABC News, orang yang pernah menderita stroke memiliki risiko terjatuh dua kali lebih tinggi daripada non-penderita. Bahkan, serangan stroke yang ringan sekalipun dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan diri dan membuat sering terjatuh.

Bila dibiarkan, hal ini berpotensi menimbulkan dampak jangka panjang. Di antaranya, meningkatkan risiko cedera patah tulang, menghambat mobilitas, hingga berdampak pada psikologi si penderita.

Kabar baiknya, risiko terjatuh ini dapat dimitigasi dengan melakukan beberapa langkah pencegahan sederhana. Berikut beberapa metode agar penderita stroke tidak gampang terjatuh dilansir dari beberapa sumber.

1. Memperkuat Tubuh Bagian Bawah

Biasanya, kehilangan keseimbangan berkaitan erat dengan tubuh bagian bawah, seperti paha dan kaki. Paha dan kaki yang lemah akan kesulitan menopang tubuh saat melakukan aktivitas seperti berdiri, berjalan, berlari dan lain sebagainya.

Untuk melatih dan memperkuat anggota tubuh bagian bawah, dapat dilakukan dengan melakukan olahraga seperti squat, lunge, hingga olahraga aerobik seperti berenang dan bersepeda.

2. Latihan Keseimbangan

Selain melatih anggota tubuh bagian bawah, penderita stroke juga dianjurkan untuk melatih keseimbangan tubuh. Ini dapat dilakukan dengan olahraga seperti plank, pilates dan yoga.

3. Menandai Titik Rawan Jatuh di Sekitar

Bagi penderita stroke, penting untuk mengidentifikasi area-area yang berpotensi menyebabkan terjatuh. Baik itu di rumah, tempat kerja, hingga lingkungan yang biasa dikunjungi.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko terjatuh. Dengan mengenali titik-titik rawan tersebut, kamu bisa lebih mempersiapkan diri dan berhati-hati saat beraktivitas di area tersebut.

4. Memasang Alat Keselamatan Tambahan di Rumah

Bagi pasien yang baru saja sembuh dari stroke, dokter atau terapis biasanya akan menyarankan untuk memasang alat pengaman tertentu di rumah untuk mencegah si pasien terjatuh. Selain mengurangi risiko terjatuh, alat-alat ini juga dapat meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan di rumahmu.

Adapun beberapa alat keselamatan yang bisa kamu gunakan di rumah di antaranya karpet/mat anti licin, memberikan pegangan di lantai menurun/menanjak, memasang pegangan tambahan di kamar mandi hingga memberikan kursi khusus mandi/shower.

5. Minta Bantuan Keluarga dan Orang Terdekat

Pemulihan pasca stroke memakan waktu yang cukup panjang. Kendati sulit, jalanilah pemulihan secara bertahap dan perlahan.

Jika ada sesuatu yang harus kamu lakukan, tapi ragu untuk melakukannya seorang diri, maka jangan sungkan untuk meminta bantuan. Ingat, jalanilah masa pemulihan secara bertahap dan perlahan untuk menghindari risiko terjatuh akibat terlalu terburu-buru ingin lekas sembuh.

Tidak hanya berbahaya, stroke juga menimbulkan banyak efek samping yang dapat mengganggu aktivitas. Karenanya, penting untuk melakukan pencegahan agar terhindar dari sakit stroke.

Caranya dengan memperbaiki pola makan yang sehat dan seimbang, menjaga asupan makanan tinggi gula dan garam, menghindari makanan berlemak dan berminyak serta menjaga asupan serta yang cukup guna membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Kamu juga bisa melengkapinya dengan minum nutrisi harian seperti Ensure Gold dua kali sehari. Ensure merupakan nutrisi dewasa yang lengkap dan seimbang untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Ensure kaya akan lemak baik yang tidak jenuh , omega 3 dan omega 6 yang direkomendasikan untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, 100% lemak nabati, sumber protein serta mengandung serat pangan.

Selain itu ENSURE Gold juga satu - satunya nutrisi dewasa di Indonesia yang mengandung HMB (metabolit asam amino leucin) yang terbukti secara klinis untuk kesehatan masa otot dan triple protein protein whey, kasein, dan soya.

Tersedia dalam 3 rasa yang lezat : vanilla, cokelat dan gandum yang di sukai orang Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan konsumsi Ensure Gold setiap hari!

Informasi seputar gaya hidup sehat, yuk kunjungi ensure.co.id!



Simak Video "Investasi Kesehatan Sedari Dini Upaya Prefentif Hidup yang Berkualitas di Usia Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT