Ingin Menambah Anak? Coba Hitung Masa Subur dan Jarak Ideal Pasca Melahirkan

ADVERTISEMENT

Ingin Menambah Anak? Coba Hitung Masa Subur dan Jarak Ideal Pasca Melahirkan

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 17 Nov 2022 11:15 WIB
Ilustrasi perut ibu hamil 8 bulan turun jelang persalinan
Ilustrasi ibu hamil. (Foto: iStockphoto)
Jakarta -

Dalam pernikahan, memiliki keturunan menjadi impian terbesar hampir setiap pasangan. Mereka yang sudah siap mempunyai keturunan biasanya akan menyusun perencanaan kehamilan dengan menghitung masa subur. Cara ini juga dilakukan setelah melahirkan dan merencanakan untuk menambah anak.

Menurut dr Ivan R Sini, SpOG dalam buku yang berjudul Tabung: Mempersiapkan Kehamilan dan Menanti Kehamilan, menjelaskan masa subuh adalah suatu masa dalam siklus bulanan seorang wanita ketika ia menghasilkan sel telur yang matang. Pada saat inilah proses pembuahan atau ovulasi akan terjadi dengan mudah.

Masa Subur Usai Melahirkan

Masa subur pasca melahirkan umumnya terjadi setelah masa nifas yang berlangsung sekitar 40 hari. Masa subur itu dapat diketahui dengan menghitung siklus haid. American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG) menjelaskan ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum terjadi siklus haid di periode berikutnya. Perkiraan ini dialami wanita yang mempunyai siklus haid bulanan 28 hari.

Kebanyakan wanita akan mengalami ovulasi antara hari ke-11 dan ke-21 dari siklus haidnya. Perlu diketahui ovulasi tidak selalu terjadi pada hari yang sama setiap bulan sehingga waktu dapat bervariasi.

Dikutip dari Reuters, suatu studi yang dianalisis Dr Emily Jackson dan Dr Anna Glasier dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut rata-rata wanita mengalami ovulasi antara 45 sampai 95 hari setelah melahirkan. Meski begitu, ovulasi tetap bisa terjadi tanpa haid. Beberapa wanita mungkin bisa hamil lagi setelah melahirkan meski belum haid.

Mengetahui masa subur setelah melahirkan menjadi suatu hal yang penting untuk merencanakan kehamilan serta mengatur jarak kehamilan dengan anak berikutnya. Lalu berapa jarak ideal untuk kembali hamil setelah melahirkan?

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Selamat! Greysia Polii Umumkan Hamil Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT