Mengenal Tradisi Melukat, Ritual Adat Bali untuk Pulihkan Kesehatan Jiwa

ADVERTISEMENT

Mengenal Tradisi Melukat, Ritual Adat Bali untuk Pulihkan Kesehatan Jiwa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 17 Nov 2022 13:26 WIB
Selebriti yang lakukan melukat
Artis Ariel Tatum jalani prosesi melukat. (Foto: Instagram @arieltatum)
Jakarta -

Tak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa. Kesehatan tubuh bukan hanya dilihat dari tampilan fisik, namun juga terkait dengan mental.

Beragam cara dilakukan untuk memulihkan trauma dan mencapai kesehatan jiwa juga spiritual, salah satunya dengan mengikuti ritual melukat. Belakangan ini, tradisi melukat banyak digandrungi para artis untuk memulihkan kesehatan mental mereka.

Berikut fakta-fakta soal tradisi melukat untuk menyucikan jiwa:

1. Apa itu melukat?

Melukat merupakan upacara pembersihan diri yang sejak turun temurun telah dilaksanakan oleh umat Hindu. Namun kini melukat sudah menjadi tren wisata lintas agama di Bali.

Membersihkan trauma menggunakan basuhan air, kira-kira begitu singkatnya ritual 'Melukat'. Lebih dalam dari itu, melukat atau yang juga disebut 'purifying' sebenarnya diartikan sebagai pembersihan jiwa dan pikiran untuk membantu jiwa melepaskan trauma.

Meski terlahir di kalangan umat Hindu, ritual yang bertujuan untuk menjernihkan jiwa dan pikiran ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tidak semua orang bisa menjadi 'sang pembantu penyembuhan'. Simak selengkapnya DI SINI

2. Tradisi melukat menurut psikolog

Tradisi melukat dipercaya bisa memulihkan trauma seseorang. Penyembuhan trauma oleh melukat dipandang oleh psikolog sebagai hal yang boleh-boleh saja dilakukan, apalagi tujuannya untuk kesehatan mental.

Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Annelia Sari Sani meyakini, penanganan trauma baik dari ranah psikologis, medis, hingga budaya layaknya prosesi melukat bisa berkontribusi memulihkan seseorang dari luka trauma.

Selengkapnya bisa disimak DI SINI

3. Tata cara melukat

Meski ritual melukat boleh dilakukan siapa saja, tapi ada tata cara yang harus dipenuhi dan tetap mengikuti norma-norma yang ada. Proses dan tata cara melukat memiliki beberapa variasi yang disesuaikan dengan tempat yang dituju.

Proses dan tata cara melukat bisa dibaca lebih lanjut DI SINI

4. Jadi wisata religi favorit para seleb

Tidak sedikit selebriti yang melakukan ritual melukat demi memulihkan diri mereka dari trauma. Ariel Tatum, misalnya, menjalani ritual melukat untuk terkoneksi kembali dengan jiwanya.

Selengkapnya soal selebriti yang ikut prosesi melukat bisa disimak DI SINI



Simak Video "Kenali Tanda-tanda Love Bombing"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT