Dialami Jenazah Keluarga Kalideres, Begini Cara Tubuh Alami Mumifikasi

ADVERTISEMENT

Dialami Jenazah Keluarga Kalideres, Begini Cara Tubuh Alami Mumifikasi

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 22 Nov 2022 19:00 WIB
Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga mengering di Kalideres, Jakarta Barat.
Foto: Puslabfor Polri cek suhu dan kelembaban udara di rumah sekeluarga 'mengering' di Kalideres, Jakarta Barat. (Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Masih jadi sorotan publik, polisi kembali mengungkapkan kabar terbaru kondisi jenazah di Kalideres, Jakarta Barat. Menurut laporannya, kondisi keluarga tersebut telah mengalami mumifikasi. Hal ini yang menjadi kendala sulitnya untuk mengungkapkan penyebab kematian korban.

"Ini sedang diteliti oleh kedokteran forensik, biarpun ada kerumitan yang cukup tinggi karena sudah terjadi mumifikasi, nanti yang jawab ahlinya," ucap Direktur Reskrimum Polda Metrro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Senin (31/11/2022).

Apa itu Mumifikasi?

Dokter spesialis forensik dari Universitas Indonesia dr Ade Firmansyah menjelaskan mumifikasi adalah perubahan yang terjadi pada mayat karena adanya penguapan cairan dan pembusukan. Lama waktu mumifikasi akan berbeda dari lokasi temuan mayat.

"Mumifikasi adalah suatu bentuk lanjut dari pembusukan mayat. Mumifikasi dapat terjadi pada kondisi suhu yang cukup tinggi serta kelembapan yang rendah di tempat ditemukannya jenazah," jelasnya kepada detikcom, Selasa (22/11).

Proses Terjadinya Mumifikasi

dr Ade menjelaskan mumifikasi merupakan perubahan lebih lanjut dari kematian. Hal ini yang membuat kondisi jenazah berbeda pada saat orang tersebut baru saja meninggal.

"Mumifikasi dapat terjadi dalam dapat terjadi dalam waktu setidaknya 15 hari bila jenazah berada di luar ruangan atau 2-3 bulan di dalam ruangan," kata Ade.

Setiap jenazah yang mengalami pembusukan akan terjadi degradasi dari sel-sel di tubuh yang menghasilkan cairan atau gas.

"Lama kelamaan tubuh akan tampak 'mengering'," jelasnya.

Next: Hal-hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Usai Meninggal



Simak Video "Dokter Bicara soal Viral Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Dibawa Ortu Motoran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT