5 Minuman Ampuh Turunkan Asam Urat, Minuman Favoritmu Bisa Jadi Salah Satunya

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

5 Minuman Ampuh Turunkan Asam Urat, Minuman Favoritmu Bisa Jadi Salah Satunya

Irene Putri - detikHealth
Minggu, 04 Des 2022 07:00 WIB
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home
Ilustrasi asam urat. (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa orang mengeluhkan asam urat, dipicu oleh banyaknya zat purin dari asupan makanan harian. Hal tersebut akan lebih parah jika fungsi ginjal menurun dan volume urine berkurang.

Seiring berjalannya waktu, kondisi tersebut akan membentuk kristal pada jaringan sendi ataupun ginjal. Jika sudah terjadi, terdapat risiko komplikasi penyakit fatal seperti batu ginjal hingga radang sendi.

Perlu diketahui, penyebab utama kadar asam urat seseorang bisa naik adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, misalnya daging merah, ikat laut, dan alkohol. Meskipun hal ini terdengar sederhana, tak jarang orang masih mengabaikan hal ini.

Normalnya, kadar asam urat pada pria dewasa berjumlah 3,4-7,0 mg/dL dan untuk wanita berkisar 2,4-6,0 mg/dL. Sehingga bila terdapat kadar asam urat yang melebihi batas aman, segera laporkan ke dokter atau lakukan penanganan mandiri di rumah.

Minuman Untuk Menurunkan Asam Urat

Berikut rekomendasi minuman alami untuk penurun asam urat, dikutip dari Times of India:

1. Jus Wortel

Jus wortel dapat membantu menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, wortel memiliki sederet nutrisi penting berupa zat antioksidan, serat, beta karoten, dan vitamin A. Kandungan mineral yang terdapat dalam wortel berguna untuk mengurangi kerusakan organ akibat penyakit asam urat.

2. Jus Lemon

Meski buah lemon memiliki rasa yang kecut, namun air lemon mengandung banyak zat antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta meregenerasi sel secara alami. Dikutip dari healthsite, vitamin C dapat menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Jus Timun

Timun dapat dikonsumsi langsung maupun dijadikan sebagai pelengkap lalapan. Selain rasanya yang segar, timun berfungsi sebagai detoksifikasi organ vital manusia dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Kandungan potasium dan fosfor yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal, serta membantu membuang racun dalam tubuh.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT