Singgung Izin Praktik Dokter, Eks Ketum IDI Angkat Bicara soal RUU Kesehatan

ADVERTISEMENT

Round Up

Singgung Izin Praktik Dokter, Eks Ketum IDI Angkat Bicara soal RUU Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 05 Des 2022 06:00 WIB
Close-up portrait of doctor in hospital operating room
Susahnya mendapatkan izin praktik jadi sorotan para dokter (Foto: Getty Images/graphixel)
Jakarta -

RUU Kesehatan Omnibus Law tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan dokter. Salah satu isu kontroversial yang turut dibahas dalam kaitan itu adalah perihal Surat Izin Praktik (SIP).

Berangkat dari keluhan sejumlah pihak tentang sulitnya mengurus izin praktik, RUU Kesehatan yang tengah dibahas ini diharapkan bisa mempermudah sistem yang ada. Sebelumnya, calon dokter spesialis dan para dokter lulusan luar negeri mengaku butuh proses terlalu panjang untuk bisa praktik di tanah air.

Mantan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih turut angkat bicara mengomentari permasalahan ini. Menurutnya, pembahasan RUU Kesehatan hendaknya tidak mempersoalkan hal-hal administratif seperti perkara surat izin praktik (SIP).

"Hal-hal yang bersifat administratif, itu tempatnya bukan UU, tapi peraturan di bawah UU, kalau sudah omnibus itu hal-hal yang strategis, yang mesti diselesaikan," sebutnya saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Sabtu (3/12/2022).

Ia menyarankan agar pemerintah duduk bersama dengan organisasi profesi, bersama-sama merumuskan perubahan yang terbaik. Isu yang dinilainya lebih butuh diprioritaskan adalah kematian ibu dan anak, persoalan gizi buruk dan stunting, penanganan infeksi, hingga teknis jaminan kesehatan nasional (JKN).

"Dengan Omnibus Law ini harus tuntas, penanganan infeksi, penyakit infeksi, penyakit ini agak kedodoran kan pandemic kemarin, nah ini harus di-address ini, dokter spesialis kita masih kurang nah ini harus di-address, masalah JKN masih banyak saudara-saudara kita yang miskin nggak punya kartu, pelaksanaan di lapangan masih semrawut. Ini kan diskusinya malah SIP," sambung Daeng.

Selengkapnya tentang RUU Kesehatan Omnibus Law bisa disimak DI SINI.



Simak Video "Menkes Budi Beberkan Adanya 'Abuse of Power' Terkait Izin Praktik Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT