Dialami Lord Rangga Sebelum Meninggal, Kelelahan Bisa Picu Kematian?

ADVERTISEMENT

Dialami Lord Rangga Sebelum Meninggal, Kelelahan Bisa Picu Kematian?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 12:31 WIB
Lord Rangga Sunda Empire di DPR RI
Foto: Lord Rangga Sunda Empire di DPR RI (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Petinggi Sunda Empire, Raden Rangga Sasana atau disebut Lord Rangga meninggal dunia pada hari ini, Rabu (7/12/2022). Menurut laporan keluarga, Lord Rangga meninggal karena kecapekan.

Beliau terlalu capek, tidak berdaya hingga akhirnya hari ini beliau dipanggil Yang Maha Kuasa," kata adik kandung Lord Rangga, Harto Paryono, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (7/11).

Harto mengungkapkan, seminggu belakangan Lord Rangga disibukkan dengan berbagai kegiatan di Jakarta bersama manajemennya. Lantaran terlalu capek, ia pun sakit dan diopname di rumah sakit.

Lantas, kelelahan bisa picu kematian?

dr Anwar Santoso, SpJP dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) beberapa waktu lalu, mengatakan kelelahan tidak berlaku sebagai faktor tunggal sebab ada faktor yang melatarbelakangi. Apalagi jika latar belakang kelompok umur yang meninggal berkisar antara 50-59 tahun.

"Bukan lelahnya, tapi tekanannya. Jika orang itu mempunyai bakat penyakit jantung koroner tentu meningkatkan risiko," ujarnya.

Di samping itu ahli hematologi dari Universitas Indonesia, Prof Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, juga menuturkan kelelahan bisa menjadi faktor pemicu penyakit stroke dan jantung.

"Bekerja berlebihan bisa menyebabkan jantung tidak kuat atau menjadi pemicu stroke. Apalagi jika ada riwayat darah tinggi, diabetes, merokok dan bekerja berhari-hari, bisa saja meninggal mendadak," kata Prof Zubairi beberapa waktu lalu dalam wawancara terpisah.

Walaupun stroke dan jantung dianggap menjadi penyebab terbesar, autopsi dan investigasi mengenai hal-hal lain yang memicu kematian harus tetap dijalankan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sebelumnya, Lord Rangga dirawat di Rumah Sakit Islam Mutiara Bunda Tanjung, Kabupaten Brebes. Namun sayangnya, nyawanya tidak terselamatkan dan mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 05.30 WIB tadi.

Saat ini jenazah Lord Rangga sudah berada di rumah duka. Rencananya jenazah akan dimakamkan. Para pelayat sudah berdatangan ke rumah duka.

"Ini sedang dimandikan dulu, semuanya sedang berduka," ujarnya



Simak Video "Lord Rangga 'Sunda Empire' Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT