Diidap Lord Rangga Sebelum Meninggal, Penyakit Paru Bisa Sefatal Ini

ADVERTISEMENT

Diidap Lord Rangga Sebelum Meninggal, Penyakit Paru Bisa Sefatal Ini

Hana Nushratu - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 14:00 WIB
Lord Rangga Sunda Empire di DPR RI
Lord Rangga meninggal dunia. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ki Ageng Rangga Sasana atau dikenal Lord Rangga meninggal dunia pada hari ini, Rabu (7/12/2022). Pemimpin Sunda Empire itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 05.30 WIB di RS Mutiara Bunda Tanjung Brebes, Jawa Tengah. Kabar meninggalnya Lord Rangga disampaikan langsung oleh pengacaranya, Erwin.

"Betul (meninggal dunia). Tadi pagi saya sudah konfirmasi ke anaknya Umar Sasana," paparnya, dikutip dari InsertLive, Rabu (7/12/2022).

Sebelum meninggal dunia, Lord Rangga disebut pernah mengidap sakit paru-paru pada 2020 lalu saat dirinya tengah mendekam di dalam penjara. Akibatnya, ia pun sampai harus bolak-balik ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Saya sejak 2020 sudah sakit dan dirawat sampai sekarang ini saya masih dalam perawatan jalan dan pengawasan dokter spesialis dalam," kata Rangga kala itu.

Ragam Penyakit Paru

Paru-paru adalah bagian dari sistem yang kompleks, mengembang dan mengendur ribuan kali setiap hari untuk membawa oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Dikutip dari WebMD, penyakit paru-paru tidak hanya terjadi di satu bagian melainkan di beberapa bagian. Berikut adalah daftarnya.

1. Saluran Udara

Batang tenggorokan (trakea) bercabang menjadi tabung yang disebut bronkus yang pada gilirannya menjadi tabung yang lebih kecil di seluruh paru-paru. Berikut adalah penyakit paru-paru yang mempengaruhi saluran udara:

  • Asma. Saluran udara mengalami peradangan secara terus menerus dan mungkin menyebabkan kejang, mengi, dan sesak nafas.
  • Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis (PPOK). Kondisi paru-paru tersebut membuat pasien tidak bisa bernafas secara normal dan mengalami sesak nafas.
  • Bronkitis Kronis. Salah satu jenis PPOK yang menyebabkan batuk basah atau berlendir dalam jangka panjang.
  • Emfisema. Jenis PPOK yang memungkinkan udara terperangkap dalam paru-paru.
  • Bronkitis Akut. Infeksi saluran pernapasan yang bersifat tiba-tiba biasanya disebabkan oleh virus.
  • Fibrosis Kistik. Kondisi ini menyebabkan pasien kesulitan membersihkan lendir dari bronkus.

NEXT: Alveoli

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT