Greysia Polii Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan saat Mengandung di Usia 35

ADVERTISEMENT

Greysia Polii Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan saat Mengandung di Usia 35

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 24 Jan 2023 08:30 WIB
Atlet Greysia Polii kini merambah ke bisnis fashion, tim Fine Counsel yang membuka gerai pertama di Pondok Indah Mall 1.
Eks pebulutangkis Greysia Polli umumkan kehamilan. (Foto: Dok. Fine Counsel.)
Jakarta -

Mantan atlet bulu tangkis Greysia Polii mengumumkan kabar kehamilannya. Peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu itu tengah hamil dan saat ini kandungannya sudah memasuki usia 26 minggu.

"Dua bulan setelah pensiun sebagai atlet profesional bulutangkis, sekitar Agustus 2022, saya dan Felix Djimin menerima hadiah yang sangat indah dari Tuhan," tulis Greysia Polii di akun Instagramnya seperti yang dilihat detikcom, Selasa (24/1/2023).

[Gambas:Instagram]



Hamil di usia 35 tahun seperti Greysia Polii sering dianggap berisiko. Namun terlepas dari kesalahpahaman umum, wanita yang hamil di usia ini masih dapat memiliki kehamilan yang lancar dan bayi yang sehat.

Dikutip dari laman Parents, salah satu ketakutan terbesar seputar kehamilan 'usia ibu lanjut' adalah faktor keamanan. Meskipun benar bahwa hamil setelah usia 35 tahun disertai dengan peningkatan risiko komplikasi, seperti preeklampsia, diabetes gestasional, kelainan kromosom, persalinan di usia tersebut bukan berarti tak bisa dilakukan dengan aman.

"Adalah normal untuk mengkhawatirkan kehamilan di usia lanjut, namun wanita pada usia 35 tahun umumnya sehat dan dapat memiliki bayi," kata Juli Fraga, PsyD., seorang psikolog yang berbasis di San Francisco dan berspesialisasi dalam kesehatan reproduksi.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar ibu dan bayi tetap sehat termasuk makan bergizi, mempertahankan rutinitas olahraga teratur, tidak merokok, mengelola masalah medis, dan menjalani pemeriksaan dan tes diagnostik yang direkomendasikan.

Ketika berada di usia di atas 35 tahun, gaya hidup sangat menjadi faktor penentu. Merawat diri sendiri akan membantu dalam mengelola masalah kesehatan yang ada dan melindungi diri dari diabetes terkait kehamilan dan tekanan darah tinggi. Semakin sehat Anda, semakin baik untuk si kecil.

Makan makanan yang sehat dan seimbang. Makan berbagai makanan akan membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Pilih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

Wanita yang hamil di usia 35 tahun disarankan mengonsumsi setidaknya empat porsi susu dan makanan kaya kalsium lainnya setiap hari. Itu akan menjaga kesehatan gigi dan tulang saat bayi tumbuh. Sertakan makanan sumber asam folat yang baik, seperti sayuran berdaun hijau, kacang kering, dan hati.

Simak Video 'Selamat! Greysia Polii Umumkan Hamil Anak Pertama':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT