ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Feb 2017 08:34 WIB

Tambah Perasan Air Jeruk Nipis Saat Makan Cegah Bobot Naik?

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat makan makanan yang berkuah dan bersantan, seringkali Anda akan disarankan untuk menambahkan perasan air jeruk nipis. Hal ini diyakini dapat membantu mencegah kenaikan kolesterol dan berat badan. Benarkah demikian?

Kepada detikHealth, nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bahwa jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang memang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL. Selain itu, flovonoid yang ditemukan dalam jeruk nipis bernama hesperidin juga diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

"Sehingga konsumsi jeruk nipis berhubungan erat dengan risiko rendah penyakit jantung dan stroke," tutur Jansen.

Baca juga: Meski Berukuran Kecil, Nanas Madu Ampuh Turunkan Kolesterol?

Namun demikian, bukan berarti setiap kali makan kemudian ditambahkan perasan air jeruk nipis lantas akan langsung membantu mencegah kenaikan kolesterol dan berat badan. Jika porsi makanan yang dikonsumsi juga banyak, maka risiko kenaikan tetap akan ada.

Dibandingkan sekadar menambahkan perasan air jeruk nipis, lebih baik perbaiki pola makan dan porsi setiap kali makan. Terutama jika ingin mencegah kenaikan berat badan, maka upayakan untuk menjaga porsi makanan tetap terkontrol dan terkendali. Jangan lupa untuk memperbanyak asupan sayur, buah dan air putih ya.

Asupan sayur dan buah dapat menambah konsumsi serat, sehingga membuat tubuh cepat kenyang dan tidak mudah lapar kembali. Saat mengolah sayur, jangan lupa untuk memasaknya dengan cara direbus atau dikukus saja, supaya nutrisinya tetap terjaga.

Baca juga: Saran Sehat Bagi Anda yang Gemar Makan Telur

(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT