Kamis, 24 Mei 2018 15:20 WIB

Mengenal Diet Nordik, Pola Makan Sehat Ala Skandinavia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Tahu alasan mengapa bangsa Skandinavia memiliki tubuh tinggi dan tegap serta panjang umur? Rahasianya ada di diet nordik yang mereka lakukan. Foto: ilustrasi/thinkstock Tahu alasan mengapa bangsa Skandinavia memiliki tubuh tinggi dan tegap serta panjang umur? Rahasianya ada di diet nordik yang mereka lakukan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata-kata Skandinavia? Gambaran pria dan wanita tinggi besar mirip Thor, dengan wajah awet muda dan umur panjang bisa jadi yang muncul di pikiran.

Nah, pakar mengatakan rahasia awet muda dan tubuh prima orang-orang Skandinavia berasal dari diet Nordik yang mereka lakukan. Mirip diet Mediterania, diet Nordik merupakan pola makan sehat dengan sedikit daging namun banyak porsi ikan.



Lauri Wright, pakar diet dari Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat, mengatakan diet Nordik bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga diabetes tipe 2.

"Diet Nordik menggunakan banyak sayuran dan sedikit daging. Makanan utamanya adalah ikan lokal seperti ikan kod, haddock dan halibut yang dikonsumsi saat masih segar," ungkap Lauri, dikutip dari CNN.

Sekilas, menu ikan pada diet Nordik mirip dengan yang ditemukan pada diet Mediterania. Namun Layne Lieberman, penulis buku "Beyond the Mediterranean Diet: European Secrets of the Super-Healthy" perbedaan diet Mediterania dan diet Nordik terletak pada minyak yang digunakan.

Pada diet Mediterania, minyak yang digunakan merupakan minyak zaitun. Sementara pada diet Nordik, minyak kanola yang lazim digunakan untuk memasak.

"Dua-duanya merupakan lemak tak jenuh tunggal yang meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) pada tubuh, yang sangat bermanfaat bagi jantung," ujarnya.

(mrs/up)
News Feed