Sabtu, 09 Mar 2019 13:57 WIB

Efek Samping Diet Keto Bikin Miss V Bau Tak Sedap, Benarkah?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Diet keto dikait-kaitkan dengan bau Miss V yang tidak sedap (Foto: iStock) Diet keto dikait-kaitkan dengan bau Miss V yang tidak sedap (Foto: iStock)
Jakarta - Diet keto diketahui memiliki sejumlah efek samping, napas jadi bau keton adalah salah satunya. Namun beberapa orang mengeluhkan bau serupa di bagian yang tak terduga, yakni pada Miss V.

"Saya menjalankan diet ini selama sebulan setengah dan kini menyadari bau vagina saya jadi lebih menyengat," tulis pemilik akun SxarAnise di situs Reddit, dikutip dari Health.com.

Dalam praktiknya, diet keto atau ketogenik memang membatasi asupan karbo dan memperbanyak asupan lemak. Harapannya, terjadi pemecahan lemak karena sumber kalori utama yakni karbohidrat dibatasi.



Sains bisa menjelaskan bahwa pola makan seperti ini akan menghasilkan bau badan yang menyerupai aseton, yakni sejenis senyawa keton. Bau aseton, dalam keseharian bisa dijumpai pada pembersih kuteks atau cat kuku.

Namun apakah bau vagina termasuk dalam efek samping diet keto? Profesor kebidanan dari Northwestern University, Lauren Streicher, MD, menyebut belum ada penelitian yang bisa memastikan dugaan tersebut.

"Tidak ada yang tahu apakah ini efek sesungguhnya dari diet keto," jelasnya.

"Sudah banyak laporan selama bertahun-tahun bahwa diet bisa memengaruhi bau vagina, tetapi belum pernah diteliti," kata Streicher.

(up/fds)