Minggu, 12 Mei 2019 17:58 WIB

Godaan Makan Gorengan Terlalu Berat? Ini Saran Pakar Kalau Tidak Kuat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Gorengan banyak mendominasi menu takjil untuk buka puasa (Foto: Rifkianto Nugroho) Gorengan banyak mendominasi menu takjil untuk buka puasa (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Para pakar menyebut gorengan bukan menu yang sehat untuk berbuka puasa. Tapi mau bagaimana lagi, aroma dan 'kriuknya' terlalu menggoda untuk diabaikan begitu saja.

Nutrisionis Rachel Olsen termasuk yang tidak menganjurkan makan gorengan, baik saat berbuka maupun dalam pengaturan pola makan pada umumnya. Lemak dalam gorengan, menurutnya adalah salah satu pemicu masalah asam lambung.

"Asupan lemak dalam sehari idealnya cukup 4-5 sendok teh lemak," kata Rachel dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.



Angka tersebut hendaknya sudah pula memperhitungkan asupan lemak dari sumber selain gorengan. Termasuk daging-dagingan yang juga sudah mengandung lemak, juga goreng-gorengan lain yang dikonsumsi sebagai lauk. Ayam goreng misalnya.

Jadi gimana dong kalau benar-benar tidak bisa menahan godaan? Lagi-lagi, porsi atau takaran menjadi pegangan ketika tidak memungkinkan untuk menghindarinya sama sekali.

"Kalau memang pengen banget, sehari satu saja," saran Rachel.

(up/up)
News Feed