Sabtu, 25 Mei 2019 02:24 WIB

Bincang Sehat

Kebiasaan Buruk Saat Sahur yang Paling Bikin Gendut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kesalahan saat sahur berkontribusi pada peningkatan berat badan selama puasa (Foto: 20detik) Kesalahan saat sahur berkontribusi pada peningkatan berat badan selama puasa (Foto: 20detik)
Jakarta - Ada banyak hal yang menyebabkan gagal langsing saat puasa. Tubuh malahan menggendut karena kesalahan-kesalahan simpel, termasuk yang sering dilakukan saat sahur.

Pakar nutrisi dr Tan Shot Yen menjelaskan, kebiasaan sahur dengan makanan seadanya kerap berujung pada peningkatan berat badan. Kurang asupan sayur dan buah menyebabkan makanan terlalu cepat dicerna menjadi gula.

"Gula darah tinggi, insulin nerjang. Supaya nggak diabet maksudnya. Insulin mengatakan, 'Tekan gulanya!' trus simpan jadi lemak," jelas dr Tan dalam perbincangan dengan detikHealth.

Peningkatan gula darah karena pilihan menu yang tidak sehat itu antara lain ditandai dengan cepat ngantuk sehabis sahur. Kebiasaan untuk langsung tidur setelah sahur juga semakin meningkatkan risiko gemuk saat puasa.



Soal menu sahur yang sehat, dr Tan memberikan tips simpel.

"Gampang. Balik saja ke isi piringku, susah amat. Dengan kalian menggunakan sayur dan buah sebagai asupan, ini kan seratnya banyak banget? Insya Allah sampai dzuhur aja perut tidak kerutukan (lapar)," saran dr Tan.

Selengkapnya simak perbincangan dengan dr Tan Shot Yen dalam video Bincang Sehat berikut:

[Gambas:Video 20detik]




(up/up)