Sabtu, 02 Nov 2019 06:00 WIB

Kalau Susah Diajak Hidup Sehat, Otak Bisa 'Dikibuli' dengan Hipnoterapi

Nurul Khotimah - detikHealth
Ingin diet tapi otak tak pernah berhenti memikirkan makanan (Foto: iStock) Ingin diet tapi otak tak pernah berhenti memikirkan makanan (Foto: iStock)
Jakarta - Mengaburkan pikiran dan mengalihkannya pada hal lain bisa dikatakan adalah cara mensugesti otak. salah satu metode mengalihkan pikiran ke alam bawah sadar kita adalah hipnosis. Secara tidak langsung otak kita seakan dipengaruhi oleh orang lain.

Hal ini mungkin bisa dikatakan sebagai proses membohongi pikiran/otak. Namun, teknik ngibul dengan hipnosis tidak dilakukan untuk hal yang negatif. Justru, ada banyak hal positif yang bisa diterapkan dengan hipnosis, misalnya hipnoterapi diet.

Menurut Irwan Sujarwo, praktisi hipnoterapi diet, metode ini lebih pada pengelolaan persepsi pasien terhadap makanan yang akan dia hindari untuk dietnya. Menjadikan hipnosis sebagai metode positif untuk merubah persepsi seseorang akan keinginan yang menghambatnya untuk diet.



"Ya mungkin kalo dianggap ngibulin mungkin mirip kaya ngibulin, tapi di sini konteksnya lebih ke arah dia masih bisa tetap mengontrol pikirannya sendiri. Kita hanya membantu mereka untuk bisa menemukan jalan yang dia inginkan," jelas Irwan.

Metode ini diibaratkan seperti sebuah jalan dengan navigator. Hipnoterapi membantu menemukan jalan yang diinginkan pasien dalam menjalankan dietnya atau merubah perilakunya. Meski persepsi banyak orang tentang metode ini terkesan negatif, tapi akan menjadi positif jika dilakukan untuk hal positif.

Trik memanipulasi persepsi otak demi menjalankan pola makan sehat juga pernah disinggung dr Vito A Damay, SpKJ dari Siloam Hospital Karawaci. Ia mencontohkan cara menikmati gorengan tanpa takut kolesterol tinggi.Trik memanipulasi persepsi otak demi menjalankan pola makan sehat juga pernah disinggung dr Vito A Damay, SpKJ dari Siloam Hospital Karawaci. Ia mencontohkan cara menikmati gorengan tanpa takut kolesterol tinggi. Foto: detikHealth




Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)