Jumat, 08 Mei 2020 11:45 WIB

Mengenal Sirtfood Diet, Program yang Bikin Berat Badan Adele Turun Drastis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Adele Diet Sirtfood yang dijalani Adele bikin berat badannya turun drastis. (Foto: Instagram/@adele)
Topik Hangat Rahasia Langsing Adele
Jakarta -

Setelah sukses mengejutkan penggemar dengan penampilan barunya, banyak yang bertanya-tanya mengenai program diet yang dijalani Adele. Dalam beberapa kesempatan, pelatihnya menyebut Adele melakukan program Sirtfood Diet setelah bercerai dengan suaminya, Simon Konecki.

Ini bukan pertama kalinya nama Adele dikaitkan dengan Sirtfood Diet. Kembali pada tahun 2016, New York Post mengklaim Adele kehilangan 30 pound atau sekitar 13 kg dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, yang dapat ditemukan dalam makanan tertentu. Lalu, apa itu Sirtfood Diet?

Mengutip Healtline, Sirtfood Diet adalah program yang diinisiasi oleh dua ahli gizi selebriti yang bekerja di gym Inggris, Aidan Goggins dan Glen Matten. Diet ini berfokus pada makan apa yang disebut sirtfoods, kelompok "wonderfoods" yang mencakup pilihan kaya nutrisi seperti kangkung, kakao, stroberi, dan kopi.

Idenya adalah bahwa makanan tertentu mengaktifkan sirtuins dalam tubuh (sejenis protein yang ditemukan pada tanaman), yang diduga memiliki banyak manfaat, seperti melindungi sel dari peradangan, meningkatkan metabolisme dan mencegah penuaan.

Senyawa tumbuhan alami tertentu mungkin dapat meningkatkan kadar protein ini dalam tubuh, dan makanan yang mengandungnya telah dijuluki 'sirtfoods'. Berikut beberapa daftar makanan yang dianjurkan bagi yang mengikuti Sirtfood Diet, di antaranya:

- Kubis

- Anggur merah
- Stroberi
- Bawang
- Kedelai
- Peterseli
- Minyak zaitun
- Cokelat hitam
- Matcha green tea
- Soba
- Kunyit
- Kacang kenari
- Sawi putih
- Kopi

Diet ini menggabungkan makanan tersebut dan pembatasan kalori, yang keduanya dapat memicu tubuh untuk menghasilkan kadar sirtuin yang lebih tinggi. Buku Diet Sirtfood mencakup rencana makan dan resep untuk diikuti.

Diet ini dibagi menjadi dua fase, dan pengikut dianjurkan untuk melakukannya kapan pun mereka merasa perlu meningkatkan berat badan.

Tahap satu:

Fase pertama berlangsung selama tujuh hari dan melibatkan pembatasan kalori dan banyak jus hijau. Ini dimaksudkan untuk memulai penurunan berat badan Anda dan diklaim dapat membantu Anda kehilangan 7 pound (3,2 kg) dalam tujuh hari.

Selama tiga hari pertama fase satu, asupan kalori dibatasi hingga 1.000 kalori. Anda minum tiga jus hijau per hari plus satu kali makan. Setiap hari Anda dapat memilih dari resep dalam buku, yang semuanya melibatkan sirtfoods sebagai bagian utama dari makanan.

Pada hari ke 4-7 dari fase satu, asupan kalori meningkat menjadi 1.500. Ini termasuk dua jus hijau per hari dan dua makanan lainnya yang disesuaikan dengan anjuran.

Tahap dua:

Fase dua berlangsung selama dua minggu. Selama fase "pemeliharaan" ini, Anda harus terus menurunkan berat badan. Tidak ada batasan kalori spesifik untuk fase ini namun disaranan makan tiga kali dengan menu yang mengandung asupan 'sirtfood' dan satu jus sayur per hari.

Pembuat diet mengklaim bahwa mengikuti Sirtfood Diet akan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, semua sambil mempertahankan massa otot dan melindungi dari penyakit kronis. Setelah menyelesaikan diet, Anda dianjurkan untuk terus memasukkan sirtfoods dan jus hijau khas diet ke dalam diet reguler.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Rahasia Langsing Adele