Kamis, 30 Jul 2020 06:20 WIB

3 Alasan Pisang Bukan Menu Ideal untuk Sarapan, Sebaiknya Dihindari

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Pisang bukan menu ideal untuk sarapan (Foto: iStock)
Jakarta -

Saat pagi hari, waktu terasa berputar dengan cepat sehingga rasanya seperti dikejar-kejar. Hal ini menyebabkan seseorang melewatkan sarapan.

Beberapa orang berpikir daripada harus menjalani aktivitas dengan perut kosong, tidak ada salahnya makan pisang untuk menganjal perut.

Pisang memang mengandung kallium dan vitamin B6 bermanfaat bagi tubuh. Namun, sayangnya pisang tidak baik untuk dikonsumsi saat perut sedang kosong.

Pakar gizi, Dr Daryl Gioffre, dikutip dari Mirror, menyatakan bahwa mengonsumsi pisang untuk sarapan merupakan hal yang buruk untuk sarapan, karena pisang mengandung 25 persen gula dan agak asam. Jika mengonsumsi pisang dengan perut kosong akan menyebabkan rasa lelah dan mudah lapar.

Dr Gioffre menyarakan, jika ingin mengonsumsi pisang sebaiknya bersamaan dengan makanan yang berlemak (lemak sehat) dengan rempah-rempah.

"Karena pisang bersifat asam, Anda harus menetralkan asam untuk mendapatkan manfaat dari kalium, serat, dan magnesium tanpa gula terburu-buru. Tanpa menyeimbangkan sarapan pisang dengan lemak sehat, banyak manfaat pisang hilang, sementara lonjakan gula darah dan asam diperoleh." ucap Dr Gioffre, dikutip dari Mirror.

Penelitian lain dari Dr Anju Sood, ahli gizi di Bengaluru, dikutip dari Ndtvfood, mengatakan hal yang sama bahwa pisang sebaiknya tidak di konsumsi dengan perut kosong.

"Kandungan magnesium yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium dalam darah, yang selanjutnya dapat memiliki efek buruk pada sistem kardiovaskular (sakit jantung)," kata Dr Sood, dikutip dari Ndtvfood.

Dikutip dari Ndtvfood, meskipun pisang mengandung kalium, serat, dan magnesium, bukan pilihan yang baik untuk dikonsumsi saat perut kosong. Ini alasannya:

1. Tingginya jumlah gula yang terkadung dalam pisang memang meningkatkan energi, tetapi juga bisa membuat energi terasa terkuras setelah beberapa jam mengonsumsinya.

2. Pisang membuat menjadi ngantuk dan lelah setelah mengonsumsinya.

3. Pisang bersifat asam, sehingga dapat menyebabkan masalah usus jika dikonsumsi saat perut kosong.

Jadi, tidak masalah jika mengonsumsi pisang di pagi hari tetapi jangan saat perut dalam keadaan kosong, dan harus di sertai dengan makanan lain seperti sereal, susu, atau oatmeal.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)