Selasa, 08 Sep 2020 06:20 WIB

3 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan di Pagi hari

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Beautiful brunette sitting at desk and suffering from choice between healthy salad and sweet dessert Tidak nafsu makan pasti ada sebabnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebelum melakukan aktivitas, sarapan di pagi hari wajib dilakukan. Hal ini karena sarapan memberikan energi pada tubuh untuk melakukan aktivitas.

Namun, sebagian orang merasa tidak sarapan dengan alasan tidak merasa lapar dan kehilangan nafsu makan. Kira-kira, apa ya penyebabnya?

Berikut 3 alasan tidak nafsu makan di pagi hari, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Beberapa orang menganggap perut kenyang membantu agar cepat tidur. Tetapi, para ahli mengatakan makan berat sebelum tidur justru mengganggu tidur. Hal ini karena tubuh bekerja keras untuk mencernanya.

Selain itu ketika terlalu banyak makan di malam hari, lambung masih bekerja untuk mencerna makanan saat bangun tidur. Akibatnya, perut belum mengirim sinyal rasa lapar di pagi hari.

"Tubuh Anda baru saja menyelesaikan proses pencernaan, sehingga tanda lapar Anda belum terjadi." ucap ahli diet Lisa Hayim, dikutip dari Elitedaily.

2. Pengaruh hormon

Hormon sangat berkaitan dengan nafsu makan dan mual di pagi hari. Ahli gizi Bridget Bennet mengatakan bahwa sebelum bangun tidur, tubuh mengeluarkan beberapa hormon. Lonjakan hormon ini menjadi salah satu penyebab mual di pagi hari dan membuat tidak nafsu makan.

3. Tubuh telah beradaptasi

Tubuh akan selalu beradaptasi dengan kebiasaan. Salah satunya adalah tidak melakukan sarapan. Seseorang yang terbiasa tidak sarapan cenderung akan selalu merasa kenyang saat pagi hari.

Kebiasaan melewatkan sarapan bukanlah yang sehat untuk tubuh, cobalah untuk mengkonsumsi sedikit makanan seperti roti.



Simak Video "3 Ide Sarapan Sehat yang Simple ala Petite Diva"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)