Jumat, 18 Sep 2020 21:00 WIB

4 Asupan yang Merusak Kejantanan Jika Berlebihan

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi ereksi Makanan berpengaruh pada hormon seksual (Foto: iStock)
Jakarta -

Menurunnya libido tak hanya disebabkan oleh faktor usia. Kandungan makanan pun sangat mempengaruhi kadar testosteron atau disebut hormon kejantanan seorang pria.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan zink dapat bermanfaat untuk memproduksi hormon secara keseluruhan, salah satunya hormon testosteron. Namun, makanan yang mengandung lemak jenuh dapat menurunkan hormon testosteron, sehingga membuat pria menjadi susah ereksi.

Menurut laman eatthis, berikut makanan yang bisa menurunkan hormon testosteron:

1. Pizza

Menurut sebuah studi di Harvard, pizza adalah makanan penyumbang asupan lemak jenuh tertinggi kedua di Amerika. Oleh sebab itu, pizza dapat membuat ereksi takkan bertahan lama.

2. Keju

Keju adalah salah satu makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Olahan susu sapi, seperti keju mengandung hormon buatan yang terbukti dapat menyebabkan gangguan endokrin.

3. Alkohol

Alkohol dapat mempengaruhi kadar hormon. Menurut laporan di Strength and Conditioning Journal, banyak meminum alkohol dapat mengurangi kualitas produksi hormon testosteron.

4. Roti tawar

Roti tawar mengandung terlalu banyak karbohidrat yang menyebabkan penambahan lemak tubuh, sehingga membuat berat badan bertambah. Hal ini dapat menurunkan kadar testosteron pria.



Simak Video "Sering Onani? Hati-hati Jadi Penyakit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)