Rabu, 23 Sep 2020 05:10 WIB

Diet yang Satu Ini Tak Cuma Bikin Kurus Tapi Juga Ampuh Tangkal Penyakit

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Sehat tujuan utamanya, berat badan turun itu bonus (Foto: istock)
Jakarta -

Selain bikin kurus, ternyata diet mediterania bisa cegah segala penyakit. Diet mediterania diadaptasi dari penduduk yang tinggal di kawasan mediterania seperti Spanyol, Prancis dan Italia. The US News and World Report menempatkan diet mediterania sebagai diet terbaik 2019.

Diet ini mudah dilakukan karena tidak banyak pantangan. Fokus dalam diet ini adalah konsumsi makanan nabati yaitu sayur, buah, minyak zaitun, biji-bijian, dan lemak sehat. Diet ini juga melibatkan protein alami seperti daging tanpa kulit dan ikan.

Banyak penelitian yang telah membuktian khasiat dari diet mediterania untuk mencegah berbagai penyakit. Yuk intip apa saja manfaatnya, dikutip dari Healthline.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Pada dasarnya, diet mediterania ini berusaha untuk menekan kadar kolestrol jahat (LDL) dengan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) yang bagus untuk jantung. Hal ini dikarenakan konsumsi serat, protein, antioksidan, dan lemak sehat omega-3 yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada diet ini.

2. Mencegah penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menurunkan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara serta perubahan perilaku akibat kerusakan sel-sel ota. Berkat tingginya makanan kaya antioksidan yang dianjurkan dalam diet ini, salah-satu manfaat melakukan diet mediterania adalah mencegah penyakit Alzheimer.

3. Mencegah terkena stroke

Stroker ternyata di terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Menghindari komsumsi kolestrol jahat dalam diet ini dapat mencegah penyumbatan daerah sehingga risiko terkena stroke dapat diminimalkan.

4. Mencegah diabetes

Beberapa penelitian menemukan bahwa diet mediterania yang kaya akan serat dan kabohodrat kompleks dapat membuat kadar gula darah tetap stabil. Risiko terkena diabetes pun dapat ditekan.

Nah, buat kalian yang ingin diet yang menyehatkan, diet mediterania ini bisa jadi pilihan kalian!



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)