Rabu, 23 Sep 2020 06:30 WIB

3 Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Perut Terasa Cepat Lapar

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi makan Sarapan asal-asalan malah bikin cepat lapar (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Salah satu tujuan sarapan pagi adalah memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari dan mengganjal rasa lapar. Namun, masih banyak orang yang cepat merasa lapar lagi, padahal baru saja sarapan pagi.

Hal ini dikarenakan makanan pagi yang mereka konsumsi, tidak mengandung protein, vitamin, dan serat. Padahal protein dan serat sangat berfungsi untuk memperlambat rasa lapar. Sedangkan vitamin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Menurut The Daily Meal, berikut kesalahan sarapan pagi yang justru buat kamu cepat merasa lapar:

1. Hanya makan putih telur

Banyak orang yang tidak mau makan kuning telur karena takut kolesterolnya naik. Padahal kuning telur memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin D, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan inilah yang membuatmu tidak akan cepat merasa lapar.

2. Hanya mengkonsumsi karbohidrat

Memang betul bila karbohidrat adalah sumber energi yang sehat dan penting. Namun, karbohidrat bukan satu-satunya hal yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara maksimal. Protein dan lemak juga harus diperlukan dalam sarapan untuk menjadi bahan bakar dan membuatmu kenyang lebih lama.

3. Hanya mengkonsumsi sereal

Sereal sering dijadikan pilihan utama untuk sarapan. Sebab, membuat sarapan ini tak perlu memakan waktu yang lama. Namun, banyak produk sereal yang hanya mengandalkan banyak gula tapi tidak mengandung campuran padat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Hal ini tentu dapat membuatmu cepat merasa lapar. Jika kamu ingin sarapan sereal, sebaiknya tambahkan buah-buahan dan susu.



Simak Video "Ngiler Lihat Gorengan? Boleh Makan Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)