Senin, 28 Sep 2020 07:00 WIB

Kurang Tidur Kok Malah Gampang Gemuk? Ini Penjelasannya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
insomnia Insomnia bikin lebih cepat gemuk (Foto: iStock)
Jakarta -

Insomnia bisa membuat berat badan makin tidak terkontrol lho. Bukan makin kurus, umumnya seseorang yang kurang tidur malah lebih gampang gemuk.

Pakar nutrisi dr Cindiawaty Pudjiadi, SpGK menjelaskan, kurang tidur berhubungan erat dengan pola makan yang buruk. Bukan cuma soal waktu makan, tetapi juga pilihan makanan cenderung tidak sehat.

"Yang ada pada waktu malam, apa coba? Sesuatu yang gampang," kata dr Cindi dalam talk show 'Jaga Kolesterol di Usia Muda dengan Cara yang Alami'.

Ketika seseorang terjaga sampai malam, kecenderungan makan goreng-gorengan dan camilan tidak sehat meningkat. Akibatnya, asupan kalori lebih susah dikontrol.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah kelelahan. Seseorang yang kurang tidur umumnya susah untuk bangun pagi, sehingga sulit menjalankan rutinitas olahraga pagi. Pada akhirnya, dampaknya akan terasa juga pada sistem peredaran darah.

"Apabila kita nggak teratur tidurnya, maka kita dalam keadaan stres, hormon stres ini yang membuat detak jantung makin kencang, tekanan darah jadi lebih tinggi, dan lain-lain," kata dokter jantung dr Vito A Damay, SpJP, dalam kesempatan yang sama.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)