Kamis, 05 Nov 2020 06:20 WIB

Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Syaratnya

Zintan Prihatini - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan (Foto: iStock)
Jakarta -

Komitmen untuk menurunkan berat badan harus konsisten seiring dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Konsistensi tersebut juga dilihat dari gaya hidup, frekuensi olahraga yang lebih sering, tidur yang cukup, dan banyak minum air putih.

Minum air putih dapat mengurangi rasa ingin mengonsumsi minuman berasa yang mengandung gula dan memiliki kalori yang tinggi. Selain menghindari minuman berasa, minum air putih juga penting untuk meningkatkan kinerja otak dan menjaga organ dalam tubuh agar tetap sehat.

Meminum air dengan campuran buah maupun sayur atau dikenal dengan nama air detoks juga dapat menjadi pilihan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Dikutip dari Eatthis, berikut ketentuan minum air putih yang dapat menurunkan berat badan.

1. Berlaku bagi orang kebanyakan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, namun untuk kebanyakan orang dapat meminum sebanyak delapan gelas per hari sesuai ketentuan ahli. Ketentuan tersebut sudah cukup membantu menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Jika masih merasa haus setelah meminum delapan gelas, maka kadar air yang akan diminum selanjutnya harus lebih diperhatikan agar tidak berlebihan dan menyebabkan hiponatremia atau berkurangnya natrium dalam tubuh.

2. Jika aktif berolahraga

Seorang atlet atau mereka yang sering berolahraga akan membutuhkan lebih banyak air. Keringat yang dikeluarkan dapat menyebabkan berkurangnya cairan di dalam tubuh. The American College of Sports merekomendasikan untuk minum 0,12 liter hingga 0,24 liter tambahan air saat berolahraga untuk menurunkan berat badan.

3. Memiliki kelebihan berat badan

Bagi orang dengan kelebihan berat badan maka kebutuhan air yang harus dikonsumsi tentu berbeda dengan orang biasa. Pemilik White Fitness and Nutrition Studio Jim White mengatakan orang dengan obesitas perlu minum lebih banyak air putih agar tetap terhidrasi dengan baik dan menurunkan berat badan dengan maksimal. Ketentuan minum air bisa dihitung dengan setengah berat badan saat ini, jika memiliki berat 82 kg maka dapat meminum 2,7 liter air per hari.

Sekitar 1,8 liter hingga 2 liter konsumsi air perhari sangat disarankan. Intinya jika merasa haus, minum air putih dapat menjadi pilihan utama untuk meredakannya. Indikator yang dapat terlihat jika cukup meminum air putih adalah warna urin yang dikeluarkan. Jika urin memiliki warna kuning pucat maka tubuh terhidrasi dengan baik. Sebaliknya jika warna urine lebih gelap dari kuning pucat maka tubuh memerlukan air lebih banyak.



Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)