Kamis, 05 Nov 2020 07:00 WIB

5 Makanan Sehat Pelancar BAB, Pilihan Ampuh Atasi Sembelit

Farah Nabila - detikHealth
fakta seputar buang air besar Makanan untuk melancarkan BAB (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) merupakan masalah yang cukup dialami oleh banyak orang. Buang air besar yang kurang lancar dapat membuat ketidaknyamanan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Transit kolon yang tertunda, atau penurunan pergerakan makanan melalui sistem pencernaan, adalah salah satu penyebab paling umum. Diet rendah serat, penuaan, dan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan sembelit. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat untuk melancarkan buang air besar.

Dikutip dari Health Line, berikut pilihan makanan sehat yang baik untuk mengatasi sembelit

1. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik, dengan satu apel kecil (5,3 ons atau 149 gram) mengandung 3,6 gram serat. Serat melewati usus Anda tanpa dicerna yang membantu pembentukan tinja dan mendorong buang air besar secara teratur. Apel juga mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin, yang dikenal dengan efek pencahar yang berguna untuk mengatasi sembelit.

2. Kiwi

Buah kiwi mengandung tinggi serat yang merupakan makanan untuk melancarkan BAB. Satu kiwi ukuran sedang (2,6 ons atau 69 gram) mengandung 2 gram serat. Kiwi membantu mempercepat waktu transit usus, mengurangi penggunaan obat pencahar, dan memperbaiki gejala sembelit.

3. Pir

Buah pir kaya akan serat yang mampu mengatasi sembelit. Satu buah pir ukuran sedang (6,3 ons atau 178 gram) mengandung 6 gram serat, yang dapat memenuhi sekitar 16 persen dan 25 persen kebutuhan serat harian pria dan wanita. Pir juga tinggi sorbitol, gula alkohol yang bertindak sebagai agen osmotik untuk menarik air ke dalam usus dan merangsang buang air besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lakukan 2 Hal Ini untuk Atasi Bayi Sembelit"
[Gambas:Video 20detik]