Minggu, 15 Nov 2020 05:48 WIB

10 Cara Diet Alami Turunkan Berat Badan Tanpa Obat

Farah Nabila - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus 10 Cara diet alami tanpa obat (Foto: istock)
Jakarta -

Banyak orang kebingungan mencari cara diet alami menurunkan berat badan tanpa obat. Dari mulai mengonsumsi tertentu agar berat badan turun secara instan, hingga menjalani beragam program diet.

Alih-alih memilih obat untuk turunkan berat badan, banyak cara diet sehat alami yang bisa kamu coba. Salah satunya juga bisa memulai dengan mengatur menu diet sehat.

Asupan makanan menjadi faktor penentu turunnya berat badan. Dikutip dari Healthline, yuk kenali beragam cara diet alami yang bisa kamu coba.

1. Diet tinggi protein

Dalam hal penurunan berat badan, protein adalah "raja" nutrisi. Tubuh akan membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein yang telah dimakan, sehingga diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari.

Diet tinggi protein juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang makan lebih dari 400 kalori lebih sedikit per hari dengan diet tinggi protein.

2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan biasanya kaya akan gula tambahan, lemak dan kalori. Terlebih lagi, makanan olahan dibuat untuk membuat Anda makan sebanyak mungkin. Makanan olahan lebih mungkin menyebabkan makan seperti kecanduan daripada makanan yang tidak diolah.

3. Batasi asupan gula tambahan

Konsumsi banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit utama di dunia, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara terbaik untuk memperbaiki pola makan.

4. Minum air putih

Air sangat baik untuk menurunkan berat badan sebagai pengganti minuman lain yang tinggi kalori dan gula. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori.

Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang dibakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya.

5. Kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam adalah pilihan terbaik diet alami untuk penurunan berat badan, karena bisa membuat Anda merasa kenyang dan hampir tidak mengandung kalori. Kopi memiliki kandungan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya.

Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11% dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50%.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]