Selasa, 01 Des 2020 07:33 WIB

Biar Hasil Optimal, Ini 7 Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Usai Olahraga

Zintan Prihatini - detikHealth
Ilustrasi tali sepatu lepas 7 makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi usai berolahraga. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Berolahraga bisa menghabiskan banyak energi, dan biasanya nafsu makan akan lebih besar karena banyaknya energi yang terkuras. Namun, sebaiknya hindari beberapa makanan setelah berolahraga karena dapat menggagalkan hasil yang optimal.

Meskipun lapar karena energi yang habis setelah olahraga, batasi asupan makanan yang masuk agar tak berubah menjadi lemak dalam tubuh. Makanan yang sulit dicerna seperti gula dan lemak jenuh sebaiknya tak dikonsumsi setelah berolahraga karena bisa memengaruhi kesehatan.

Dikutip dari Eatthis, berikut makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari setelah berolahraga.

1. Makanan pedas

Makanan pedas akan sulit dicerna tubuh. Manajer Fitness di Carillon Miami Beach Michelle Neverusky menganjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan protein dan rendah gula.

"Tubuh membutuhkan makanan yang mudah dicerna, sedikit protein, sedikit gula untuk mengembalikan kadar gula Anda ke tingkat yang seimbang, dan sebagian besar karbohidrat untuk mengembalikan energi," ujarnya.

2. Soda

Minum soda setelah berolahraga sangat menyegarkan tetapi hindari kebiasaan itu. Minum air putih lebih baik dalam menghidrasi tubuh dibandingkan dengan meminum soda. Soda yang diminum setelah berolahraga akan membuat perut tak nyaman maupun kembung.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng bisa menggagalkan hasil latihan fisik karena kandungan lemak trans yang ada di dalamnya. Selain itu, makanan cepat saji mengandung banyak garam yang bisa memengaruhi kesehatan.

4. Sayuran mentah

Sayuran mentah sebaiknya tak dimakan setelah berolahraga karena rendah nilai gizi. Setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, tubuh lebih membutuhkan kalori, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

5. Telur goreng

Telur kaya akan protein yang bisa dimakan setelah berolahraga. Namun telur goreng tidak disarankan untuk dimakan setelah olahraga karena penggunaan minyaknya yang mengandung lemak jenuh. Telur mentah atau telur rebus lebih dianjurkan untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

6. Minuman manis

Jus dengan campuran gula harus dihindari karena mengandung fruktosa atau karbohidrat yang tinggi dan sulit untuk dicerna.

"Minuman manis mengurangi efek pembakaran lemak dari latihan berintensitas tinggi atau pembakaran lemak yang kurang baik hingga meningkatkan penimbunan lemak," ujar pelatih pribadi di Cruch Gyms Natasha Forrest.

7. Protein bar

Protein bar terlihat memiliki banyak protein yang bagus untuk memperbaiki dan membangun otot setelah olahraga. Namun, protein bar yang ada di pasaran sebagian besar mengandung gula dan tidak memiliki banyak nutrisi. Konsumsi telur setelah olahraga untuk mendapatkan protein yang lebih menyehatkan dan alami.



Simak Video "Penyintas Covid-19 Disarankan Tak Lakukan Olahraga Anaerobik "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)