Minggu, 14 Mar 2021 10:05 WIB

3 Cara Paling Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Ardela Nabila - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Tak harus diet ketat untuk dapat berat badan ideal (Foto: istock)
Jakarta -

Berat badan ideal sebenarnya bisa didapat dengan cara yang tidak sulit, lho. Tak perlu diet ketat atau ekstrem yang kerap menyiksa tubuh, kamu bisa memulai hidup sehat dengan mengubah kebiasaan kecil setiap harinya.

Sebab, perubahan kecil justru memiliki dampak yang besar bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa menurunkan berat badan. Dikutip dari laman Healthline, berikut 3 cara mudah turunkan berat badan tanpa perlu menyiksa diri dengan diet ketat.

1. Minum air putih

Kamu tentunya sudah tahu bahwa air putih memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bagi orang-orang yang tengah berusaha untuk menurunkan berat badan, air putih merupakan salah satu minuman yang tak kalah pentingnya. Tak hanya membuat tubuh lebih terhidrasi, air putih juga dapat menjaga metabolisme tubuh yang membuat kamu tidak mudah merasa lapar.

Sebuah penelitian yang dipublikasi di jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa pengidap obesitas yang mengonsumsi 16 ons air putih sebelum makan dan dilakukan rutin selama 12 minggu menunjukkan penurunan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidak minum air putih sebelum makan.

Semakin banyak air putih yang kamu konsumsi, maka semakin banyak pula berat badan menurun. Selain diminum sebelum dan sesudah makan, kamu juga disarankan untuk minum air putih setelah bangun tidur.

2. Tidur yang cukup

Berdasarkan National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam waktu untuk tidur setiap malamnya. Studi yang dilakukan pada tahun 2015 menemukan bahwa waktu tidur yang berkurang sebanyak 30 menit dapat menyebabkan meningkatnya risiko resistensi insulin dan obesitas. Artinya, jika kamu tidak tidur selama waktu yang dianjurkan, maka risiko terkena penyakit lainnya menjadi lebih besar.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur setiap malam, maka kamu bisa mencoba mematikan lampu dan mengatur suhu ruangan. Namun, jika cara tersebut masih belum berhasil, kamu bisa mencoba mengunjungi dokter. Perlu diingat, bahwa tidur cukup merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

3. Kurangi menonton TV

Sejumlah studi membuktikan bahwa waktu yang dihabiskan di depan layar kaca dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh memanfaatkan waktu luang untuk menonton acara favorit di televisi. Kamu bisa membatasi menonton televisi dengan hanya menonton acara kesukaan saja.

Bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan untuk menyalakan televisi untuk menghabiskan waktu, terutama di malam hari, kamu bisa mencoba menghilangkan kebiasaan ini dengan melakukan aktivitas lain, seperti melakukan yoga di rumah.



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)