Jumat, 19 Mar 2021 07:13 WIB

Viral Gara-gara Eksperimen Gagal, Benarkah Air Hangat Bisa Larutkan Lemak?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Eksperimen gagal TikTok @ferishaaghniya Eksperimen gagal tentang efek air dingin vs air hangat (Foto: TikTok @ferishaaghniya)
Topik Hangat Minum Hangat Vs Dingin
Jakarta -

Baru-baru ini, media sosial dibuat 'ngakak' oleh video TikTok yang gagal membuktikan efek air panas dan air dingin pada konsumsi minyak. Alih-alih menunjukan air hangat bisa memecah lemak, rupanya minyak sama-sama mengambang di kedua gelas.

Video tersebut dibuat oleh Ferisha Aghniya alias Fefe, terinspirasi pengalaman dietnya beberapa waktu lalu. Meski akhirnya berhasil memangkas bobot 23 kg dalam 4 bulan, ia penasaran apakah benar ada efek minum air hangat.

"Aku dengar-dengar perbedaannya cuma karena air dingin itu bisa membekukan lemak di badan kita. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, air kan temperaturnya bakal sama once it goes into our body," katanya saat dihubungi detikcom.

Dihubungi detikcom, dokter spesialis gizi klinik Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru, dr Titi Sekarindah, SpGK menjelaskan air hangat memang diyakini bisa mempercepat metabolisme tubuh. Maka itu, minum air hangat kerap direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

"Bayangin makanan dingin mungkin jadi beku, lebih lama proses untuk digestion, proses pencernaannya mungkin lebih sulit. Metabolisme jadi lebih lama. Kalau air hangat, bisa boost meningkatkan metabolisme," jelas dr Titi pada detikcom, Kamis (18/3/2021).

Akan tetapi, sistem pencernaan tak sesimpel gelas berisi air hangat dan air dingin. Walhasil, tak heran kalau minyak di kedua gelas sama-sama mengambang.

"Kalau air hangat dan dingin di dalam perut itu tergantung masing-masing. Di situ (sistem pencernaan) kan ada enzim, segala macam. Jadi itu nggak selalu kasus yang ada di video terjadi akan terjadi di perut kita," terang dr Titi.

@ferishaaghniya

Sumpah dokter nutrisiku pernah suruh aku tes pake air hangat bisa ke mix.. 😭😭😭😭 bye ##fyp ##GiniGayaGue ##fypシ゚viral ##fail

♬ Spongebob - Dante9k

Menurut dr Titi, hingga kini belum ada kepastian soal efektivitas air hangat menurunkan berat badan. Namun berdasarkan pengalamannya, sebagian pasien dengan keluhan berat badan berlebih memiliki kebiasaan minum air dingin.

Ia turut mengingatkan, minum air putih memang amat penting. Selain untuk hidrasi, pula untuk menghindari nafsu makan berlebih.

"Biasanya dianjurkan minum sebelum makan supaya volume lambung sudah terisi sebagian, jadi kita nggak makan banyak-banyak. Jadi, minum air itu bagus untuk menurunkan berat badan. Kita selalu anjurkan minum air 2 sampai 2,5 liter sehari," imbuh dr Titi.



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
Topik Hangat Minum Hangat Vs Dingin