Selasa, 23 Mar 2021 05:33 WIB

Makanan Tinggi Protein Ini Dipercaya Bisa Turunkan Berat Badan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Female leg stepping on weigh scales. Healthy lifestyle, food and sport concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Saat diet, pola makan dan asupan makanan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan agar program diet tersebut tercapai. Meski begitu, diet defisit kalori harus dijalankan dengan memerhatikan pola makan yang seimbang, termasuk di dalamnya terdapat asupan protein.

Memasukkan protein ke dalam menu diet ternyata sangat penting untuk mendapatkan energi bahkan dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut diketahui dari penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri School of Medicine.

Dikutip dari Shape, para peneliti tersebut menemukan bahwa ketika orang makan sarapan yang terdiri dari 35 gram protein mereka akan tidak cepat merasa lapar dan makan lebih sedikit di siang hari.

Selain itu juga dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh dalam 12 minggu program diet berlangsung, dibandingkan seseorang yang hanya mengonsumsi 13 gram protein.

Diketahui protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

"Protein adalah salah satu nutrisi yang paling mengenyangkan, karena membutuhkan kerja ekstra bagi tubuh untuk mencerna, memecah, dan memetabolisme," kata ahli gizi berbasis di New York Lisa Moskovitz, R.D.

"Semakin Anda merasa kenyang, semakin besar kemungkinan Anda membuat keputusan makanan yang lebih sehat dan cerdas sepanjang hari," tambahnya.

Berikut ini adalah panduan mengonsumsi asupan protein untuk diet dikutip dari Shape.

1. Telur orak-arik

Masukkan satu telur utuh dan dua putih telur lalu kocok. Di dalam menu telur orak-arik ini sudah terdapat sekitar 26 gram.

Menu ini dapat digabungkan dengan karbohidrat, lemak, atau serat agar mengandung gizi yang seimbang seperti roti dan keju.

2. Greek yoghurt

Isilah 1 cangkir dengan yoghurt plain atau tanpa rasa, selanjutnya masukan berbagai toping yang disukai.

Toping dapat berupa buah-buahan seperti blueberry atau dengan almond sebanyak empat sendok. Menu ini mengandung sekitar 36 gram protein di dalamnya.



Simak Video "Bocoran Ade Rai soal Diet Sehat ala Jenderal Andika Perkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)