Rabu, 31 Mar 2021 05:00 WIB

Banyak Minum Air Putih Saat Sarapan Diyakini Bantu Turunkan Berat Badan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Minum air putih (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejak kecil, kita sering diingatkan untuk minum air putih saat makan atau setelah selesai makan. Ternyata, peringatan tersebut banyak benarnya. Minum air putih memang sangat bermanfaat.

Minum air putih di tengah-tengah waktu makan atau sesaat setelah menghabiskan makanan ternyata dapat membantu perut mengencerkan makanan sehingga dapat membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Dikutip dari Health, minum air putih ternyata juga dapat mencegah seseorang makan berlebihan, sehingga bagus untuk melancarkan program diet penurunan berat badan.

"Minum air putih saat makan juga dapat mencegah Anda makan berlebihan. Ini membantu Anda lebih cepat kenyang dan juga mendorong Anda untuk istirahat dari makanan Anda, menyebabkan Anda melambat dan memeriksa sinyal rasa lapar Anda," kata dr Roshini Raj, ahli penyakit dalam yang juga seorang asisten professor kedokteran di NYU School of Medicine.

Selain itu, minum air saat makan juga dapat mencegah sembelit dan kembung. Air yang diminum akan melunakkan tinja dan menjaga saluran pencernaan tetap terlumasi.

Meski minum air saat makan dan setelah makan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh khususnya bagian pencernaan, tetapi sebaiknya hindari untuk mengonsumsi air putih sebelum makan.

"Kira-kira butuh dua jam untuk mencerna apa yang Anda makan. Makanan melewati kerongkongan Anda ke perut, lalu ke usus besar Anda sebelum dikeluarkan dari sistem Anda. Ada proporsi cairan-padat tertentu dalam sistem lambung kita. Jika Anda mengonsumsi air sebelum makan, Anda mengganggu komponen cairan dengan mengencerkan apa yang Anda makan," kata dr Anju Sood seorang ahli gizi.



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)